by

Terkait Dokumen Kependudukan, Lewis : Mengurus Diri Sendiri Lebih Cepat


PARIMO, Beritasulteng.com- Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Lewis, pastikan bakal berikan pelayanan expres bagi warga yang mengurus dokumen kependudukan tanpa diwakili.

“Kalau dalam pengerusan berkasnya lengkap, dan diurus sendiri, saya jamin pasti cepat prosesnya,” ungkap Lewis yang ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

Selain dukungan teknis yang diberikan pemerintah daerah kepada pihaknya, jelas Lewis, adanya peraturan baru yang dikeluarkan tahun 2018, terkait kemudahan administrasi dalam pembuatan KTP-El, menjadi dasar Dukcapil Parimo untuk memberikan pelayanan cepat tersebut.

Terlepas dari persoalan teknis Dukcapil sebelumnya, salah satu faktor penyebab terjadinya keterlambatan percetakan KTP-El, terletak pada minimnya keinginan warga untuk mengurus peribadi mereka terkait dokumen kependudukan.

Hal kata dia, membuat petugas terkadang kesulitan memastikan validasi data yang diajukan, sehingga terjadi keterlambatan dalam hal percetakan KTP-El tersebut.

Kalau yang datang mengurus itu yang bersangkutan langsung, itu lebih jelas petugas memastikan validasi datanya. Semisal, ditanya soal tanggal lahir, maka informasi yang akan diterima dari si pengurus itu lebih valid.

Saat ini kata dia, pihaknya juga sedang fokus memberikan pelayanan bagi warga yang masuk dalam kategori pemula terkait kepemilikan KTP-El, berdasarkan instruksi Direktorat Jendral (dirjen) Dukcapil, dan Kementrian dalam negeri (Kemendagri).

“70 persen blanko yang ada itu diutamakan bagi warga pemula, sisanya diperuntukan bagi perbaikan data,” tutupnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed