Tiga Kecamatan di Parimo Prioritas PKBM

PARIMO, beritasulteng.com- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parimo, fokuskan pengaplikasian program satu Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) satu Desa ditiga kecamatan.

Menurut Kepala Bidang Paud dan Dikmas Disdikbud Parimo, Nurlina, hal tersebut disebabkan tingginya angka putus seklah dikecamatan-kecamatan tersebut. Selain itu sambung dia, programkan satu PKBM satu Desa tersebut juga dalam rangka mengimplementasikan program Parimo cerdas.

“Selanjutnya program ini ditargetkan di setiap desa, dan diperuntukkan bagi seluruh warga yang putus sekolah,” jelas Nurlina yang ditemui diruang kerjanya, Jumat (3/5).

Dia menambahkan, Disdikbud Parimo rencananya akan melakukan kerjasama dengan pihak Pemdes, guna mendorong warga desa mendirikan PKBM. Sebab kata dia, PKBM merupakan lembaga yang harus didirikan masyarakat itu sendiri.

“Pengurusnya, harus memiliki pengaruh di desa dan Kepala desa beserta perangkatnya menjadi orang tua asuh,” ujar Nurlina.

PKBM kata dia, jug bisa menjadi pusat kegiatan belajar mengajar seperti PKK, live skill, dan Pendidikan Kecakapan Kewirausahawan. Intinya akses pendidikan diperluas kepada warga.

Menurutnya, program tersebut  dapat mendongkrak PADes melalui pengelolaan potensi lokal desa.

“Caranya, pendiriannya secara swadaya, dan Pemdes dapat membantu modal pendiriannya,” tutupnya. Ell

Like & Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *