Penyaluran Bantuan Huntap Bagi Korban Bencana Ditargetkan Dalam Waktu Dekat

PARIMO, beritasulteng.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Parimo, menargetkan penyaluran bantuan bagi korban bencana alam dalam waktu dekat.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Parimo, Tri Nugrah Adiyarta, saat ditemui beritasulteng.com diruang kerjanya, Selasa (14/5).

Dia mengatakan, Setelah melalui beberapa tahapan yang salah satunya adalah tahapan verifikasi, pihaknya sudah memiliki target untuk secetapnya dapat menyalurkan bantuan tersebut. Saat ini sambung dia, proses yang sedang dilaksanakan yaitu pembentukan kelompok masyarakat (pokmas) rembuk warga,  dan sosialisasi petunjuk pelaksanaan (juklak) dan bentuk rumah.

“Setelah pembentukan pokmas dan sosialisasi dilakukan, selanjutnya tahapan pelaksanaan pembangunan,” jelasnya.

Bantuan yang bakal disalurkan kata dia, yaitu berupa Hunian Tetap (Huntap), dengan total anggaran sebanyak Rp23 miliar, untuk 407 unit rumah warga di delapan kecamatan yang mengalami rusak berat sehingga tidak memungkinkan untuk dihuni kembali.

Delapan kecamatan tersebut yaitu, Kecamatan Parigi sebanyak 134 unit, Parigi Selatan (Parsel) 35 unit, Parigi Barat 15 unit, Parigi tengah 89 unit, Parigi utara 60 unit, Torue 43 unit, Siniu 29 unit dan Balinggi satu unit.

Dia menambahkan, dalam hal penyaluran bantuan, pihak BPBD melakukan kerjasama dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kabupaten Parimo. Hal itu berdasarkan surat keputusan Bupati Parimo nomor 360.45/1463/BPBD.

“Total keseluruhan yaitu sebanyak 533 rumah. 407 unit itu yang ditangani oleh BPBD, dan sisanya ditangani oleh DPKP. Waktu penyalurannya ditargetkan pada awal bulan Juni,” Ujar Tri Nugrah Adiyarta. Ell

Like & Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *