Parimo Jadi Sasaran Program PISEW

PARIMO, beritasulteng.com- Parigi Moutong (Parimo) menjadi salah satu kabupaten di Sulteng yang menjadi sasaran program Pengembangan Infrastruktur Sosial dan Ekonomi Wilayah (PISEW), tahun 2019 ini.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Cipta Karya pada Dinas PU, Penataan Ruang dan Pertanahaan (PUPRP) Parimo, I Nyoman Ady yang ditemui belum lama ini.

Dia mengatakan, sesuai SK Menteri PUPR nomor : 73/KPTS/M/2019, tentang penetapan lokasi serta besaran bantuan kegiatan PISEW, ada lima kecamatan di Parmout mendapatkan jatah dalam program tersebut.

Lima kecamatan tersebut urainya, yakni Torue meliputi Desa Tolai, Purwosari dan Tolai Timur. Kemudian, Kecamatan Balinggi meliputi Desa Balinggi, Suli, Suli Indah. Selanjutnya Kecamatan Ampibabo, meliputi Desa Buranga, Lemo, Lemo Utara. Kecamatan Siniu, meliputi Desa Toraranga, Silanga, dan Silanga Barat. Terakhir adalah Kecamatan Tomini, meliputi Desa Supilopong, Ogotumubu, dan Ambesia Barat.

“Saat ini tahapannya sudah pada proses sosialisasi ditingkat desa, yang dilakukan oleh tim fasilitator,” jelasnya.

Menurut dia, dalam program PISEW tersebut pihak Kabupaten Parmout hanya sebagai tim koordinasi. Sementara yang melaksanakan seluruh kegiatan dan PPK-nya, yakni Provinsi Sulteng.

Dia menjelaskan, yang akan dibangun pada program tersebut, dapat berupah jalan kantong produksi, jalan kampung, sanitasi, sarana air bersih dan pasar. Namun, tergantung dari kebutuhan yang diusulkan masyarakat dan telah disepakati bersama.

“Jadi untuk seluruh desa dilima kecamatan itu, belum diketahui apa kebutuhan mereka. Sebab, pihak desa nanti menyusunya dan saat ini sudah pada tahap sosialisasi,” jelasnya.

Dia menambahkan, kebutuhan pembangunan sarana dan prasarana yang diusulkan oleh masyarakat itu, harus dipastikan tidak masuk dalam program pemerintah desa yang dianggarkan melalui dana desa.

“Tidak boleh yang sudah diprogramkan di desa, diusulkan lagi dalam program ini. Nanti akan terjadi tumpang tindih penganggaran,” tuturnya.

Like & Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *