DPUPRP Diminta Perhatikan Wilayah Langganan Bajir Sausu Piore

Kondisi Desa Sausu Piore, Kecamatan Sausu, saat digenangi air luapan sungai. (foto/SAFIRA)

PARIMO, beritasulteng.com- Setelah diguyur hujan Senin (10/6), hingga Selasa (11-6) dini hari sekitar jam 02.00 Wita, Dusun 2 Desa Sausu Peore Kecamatan Sausu Kabupaten Parimo, terendam air luapan Sungai Sausu.

“Sebelum saya tidur, tiba-tiba terdengar seperti gemuruh, setelah saya bangun ternyata air sudah masuk dan mengenangi Rumah Warga,” Ungkap Jufri, salah seorang warga Dusun 2, Selasa (11/6).

Dia mengatakan, Desa Sausu Peore, merupakan daerah langganan banjir yang jika musim penghujan tiba.

“Mungkin Desa Peore ini sudah menjadi langganan banjir, karena selama 2 tahun ini kalau sudah musim hujan pasti air mengenangi rumah warga Dusun 2 sepanganjang 700 meter, sehingga kami berharap pada pemerintah perhatikan dan segera membuatkan tanggul,”harap Jufri.

Sementara itu Kades Sausu Peore, Ismail, mengatakan, banjir terjadi di dusun dua Desa Sausu Peore, sekitar jam 02.00 wita, air mulai surut pada Selasa (11/6) sekitar pukul 09.00 Wita.

“Ada sekitar ratusan rumah warga terendam banjir, yang mengakibatkan anak-anak kami yang berada di Desa Sausu Peore ini libur, karena sekolah mereka di genangi air,”tutur Ismail.

Menurut dia, sebenarnya bantuan untuk pembuatan Bronjong dan pembuatan tanggul di sungai sausu itu sudah akan di turunkan dari Pusat, hanya saja pada waktu Gempa 28 september 2018 lalu, terpaksa bantuan itu belum diturunkan.

“Bantuan untuk Pembuatan bronjong dan tanggul ini sebenarnya sudah ada, hanya saja gempa, sehingga bantuan itu belum di turunkan,”kata dia.

Dia mengatakan, Desa Sausu Peore ini merupakan ujung muara Sungai Sausu, sehingga jika musim penghujan tiba pasti akan terjadi banjir.

“Untuk itu, kami berharap selaku pemerintah Desa Sausu Peore agar pemerintah maupun pemerintah pusat segera menurunkan bantuan agar secepatnya dibuatkan bronjong dan tanggul,” harapnya. SAFIRA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *