Samsurizal Kukuhkan Pengurus KPA Parimo

PARIMO, beritasulteng.com- Bupati Parmout, Samsurizal Tombolotutu, dengan resmi mengukuhkan pengurus Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Parimo, periode 2018-2023 sekaligus membuka dengan resmi Rapat Koordinasi Komisi Penanggulangan AIDS, yang bertempat digedung lantai II kantor Bupati, Senin (5/8).

Samsurizal Tombolotutu, dalam sambutannya mengatakan, keberadaan KPA merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencegah serta penanggulangan HIV AIDS di Kabupaten Parimo.

“Hampir disetiap kecamatan di Kabupaten Parmout terdapat penderita HIV maupun AIDS. Kepada pengurus KPA yang baru saja dikukuhkan, mulailah bekerja, pasang stiker diberbagai tempat tentang bahaya HIV dan AIDS, cegah dan tekan penularan HIV dan AIDS agar penderitanya tidak bertambah,” kata dia.

Selain KPA menurut dia, penanggulangan HIV AIDS harus menjadi perhatian semua pihak dan dilaksanakan secara komprehensif atau terintegrasi, tidak hanya melibatkan instansi pemerintah. Tetapi, juga melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh agama serta organisasi sosial dan profesi.

Dengan adanya keterlibatan masyarakat dalam penanggulangan HIV dan AIDS akan mampu meminimalisir jumlah penularan dan penyebarannya. Pada kesempatan itu, dia mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tidak mengucilkan para penderita HIV AIDS.

“Jangan hindari atau menjauhi penderita HIV dan AIDS, para penderita justru harus mendapatkan perhatian dari kita agar timbul semangat hidup bagi mereka” ujarnya.

Dia berharap, melalui pengukuhan pengurus KPA dapat melahirkan inovasi dan langkah-langkah baru yang tentunya dapat bersinergi dengan berbagai OPD terkait baik lembaga pemerintah, organisasi profesi, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta lembaga lainnya dalam penanggulangan HIV dan AIDS di Parimo.

Sehingga target three zero yaitu tidak ada lagi penularan infeksi baru HIV, tidak ada lagi kematian akibat AIDS dan tidak ada lagi stigma dan diskriminasi pada orang dengan HIV dan AIDS (ODHA) di Kabupaten Parimo dapat tercapai.

Pantauan Media, Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Parimo, Badrun Nggai, Sekretaris Daerah Kabupaten Parimo, Ardi Kadir, Ketua Komisi Penangulangan AIDS Propinsi Sulteng, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kabupaten Parimo, kepala OPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan para pelajar. SAFIRA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *