Kades Sausu Piore Diduga “EMBAT” Ratusan Juta Dana Desa

Ilustrasi

PARIMO, beritasulteng.com- Pengelolaan Dana Desa (DD) Sausu Piore, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong, diduga banyak mengalir ke kantong peribadi Kepala Desa (Kades). Adanya dugaan tersebut disebabkan sejumlah item pekerjaan fisik yang bersumber dari DD, terlihat tidak dapat difungsikan karena pengerjaannya yang tidak rampung seratus persen.

Sumber yang tidak dingin dimediakan namanya menjelaskan, di desa tersebut banyak upaya penyelewengan Dana Desa yang kuat dugaannya diperankan oleh Kades Sausu Piore, Ismail.

Dia juga mengatakan, bahwa ada pekerjaan yang data penggunaan anggarannya sudah dikantongi dirinya, seperti rehab jembatan gantung di dusun empat mertajati, tahun anggaran 2016. Anggarannya sambung dia, kurang lebih sebesar Rp32juta, sementara pekerjaan tersebut hanya memakan anggaran sekitar Rp11juta lebih.

“Data itu saya dapat dari ketua pembangunan jembatan gantung itu sendiri. Pokoknya lengkap itu, berapa papan digunakan, dan papan ukuran berapa, berapa anggarannya, berapa banyak lata dan anggarannya, pokoknya semua ada,” jelas sumber.

Sementara itu lanjut dia, sisa anggaran dari rehab jembatan gantung tersebut raib entah kemana. Terkait hal itu kata dia, dirinya sempat mempertanyakan kepada pihak desa, apakah dilakukan pengembalian atau tidak?, dan jawaban yang didapatinya adalah, sisa anggaran tersebut tidak dikembalikan.

Dia menambahkan, belum lagi item pekerjaan pembuatan Plat Deuker, pada jalan menuju kantong produksi dusun satu Piore, tahun anggaran 2017 yang sampai dengan saat ini tidak bisa dilalui karena tidak selesai. Pekerjaan tersebut lanjutnya, dianggarkan sebesar Rp34juta.

“Masih ada juga item-item pekerjaan lainnya yang juga bermasalah. seperti pengadaan perangkap budidaya kepiting bakau tahun anggaran 2018 yang tidak terealisasi, pembangunan PAUD tahun 2017 yang sampai saat ini tidak digunakan karena bermasalah persoalan lahan, dan masih banyak lagi,” ungkapnya.

Sementara itu Kades Sausu Piore, Ismail, yang didatangi oleh tim beritasulteng di kediamannya guna dilakukan konfirmasi belum lama ini, tidak berada ditempat. menurut keterangan salah seorang anggota keluarganya, Kades Sausu Piore sedang keluar kota.

Tidak sampai disitu saja, akan tetapi upaya konfirmasi juga dilakukan via panggilan, dan layanan pesan singkat atau  Short Message Service (SMS) ditelephone genggamnya. Hanya saja,  panggilan telephone dari tim media ini tidak dijawab oleh Kades, Ismail, begitu juga dengan SMS konfirmasi yang tidak dibalasnya.

Sampai dengan berita ini diterbitkan, tim beritasulteng.com belum mendapatkan jawaban konfrimasi yang telah dilakukan.TIM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *