Peningkatan Jalan Disejumlah Wilayah Ditarget Selesai Tepat Waktu

Foto : Ist || Editor : beritasulteng.com

PARIMO, beritasulteng.com- Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parimo, optimis kegiatan peningkatan jalan yang dilaksanakan dikurang lebih 25 titik Selesai tepat waktu.

Hal itu diungkapkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kegiatan peningkatan jalan, M. Stiyvan, ST, yang dihubungi via telpon genggamnya, Minggu (8/9).

Dia mengatakan, untuk kegiatan peningkatan jalan di Kabupaten Parimo bersumber dari DAK berlokasi di 12 titik, diantaranya Desa Beringin Jaya, Ongka Tampo dan Sibatang Taopa. Kemudian, yang bersumber dari DAU tersebar di 13 titik, diantaranya beberapa titik di Desa Tolai, Parigi dan Tinombo.

“Kegiatannya semua peningkatan jalan yakni, pengaspalan dengan alokasi anggaran bervariasi, mulai dari Rp200 juta hingga Rp3 miliar,” ungkapnya.

Menurut dia, berdasarkan kontrak yang disepakati pihaknya dengan penyedia jasa sebagai pemenang tender, masa kerja juga bervariasi mulai dari 120 hari hingga 150 hari. Dengan komitmen tersebut, pihaknya optimis penyelesaian pekerjaan tepat waktu. Meskipun, hingga kini penyedia jasa baru menyelesaikan progres pekerjaan 8-20 persen.

Sebab kata dia, kegiatan peningkatan jalan atau pengaspalan berbeda dengan kegiatan proyek pembangunan, yang memiliki bobot pekerjaan jauh lebih banyak, seperti ornamen-ornamen dan banyaknya item pekerjaan bangunan.

Sementara pengaspalan lanjut dia, proses penyelesaian pekerjaannya lebih gampang dan jauh lebih cepat, serta menggunakan material lebih sedikit.

“Sekarang pekarjaan rata-rata 20-8 persen, karena harus dibayar bobot pekerjaannya. Belum dibisa dibobot, karena belum bisa dihampar,” ujarnya.

Sebagai PPK kegiatan peningkatan jalan tambahnya, berdasarkan aturan penyedia jasa mendapatkan keuntungan 15 persen dalam setiap item pekerjaan. Hanya saja, berdasarkan HPS keuntungan yang diberikan dalam kegiatan peningkatan jalan tersebit, penyedia jasa mendapatkan keuntungan sebesar 10 persen.

Olehnya dia berharap, dengan biaya ada penyedia jasa dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik sesuai denganspesifikasinya. Jika nantinya, terdapat keterlambatan atau kesalahan dalam proses pelaksanaan, pihaknya akan bertindak tegas. “Biarpun teman, kami akan tindak tegas. Karena ini juga untuk kebagian bersama, dan autput untuk masyarakat Parmout, berkaitan dengan pemanfaatannya,” tuturnya. SAFIRA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *