Perwakilan IFRC Australia Hadiri Pelatikan Pengurus PMI di Parimo

Parimo, beritasulteng.com- Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Noor Wachida P. Tombolotutu, lantik sejumlah pengurus PMI Kecamatan mulai dari Sausu sampi dengan Kasimbar, Selasa (12/11).

Pelantikan pengurus PMI kecamatan tersebut dirangkaikan dengan pembukaan pelatihan spesialisasi Pertolongan Pertama (P2) PMI Kabupaten Parigi Moutong.

Noor Wachida P. Tombolotutu, dalam sambutannya mengatakan, untuk mewujudkan cita-cita PMI yakni dicintai masyarakat, maka setiap SDM PMI harus aktif dalam setiap kegiatan kemanusiaan, sehingga perlu untuk mengaktifkan kembali fungsi dan tanggung jawab dari para pengurus PMI, khususnya di tingkat kecamatan yang pada dasarnya merupakan penanggungjawab PMI di tingkat paling dekat dengan masyarakat.

“Pengurus Kecamatan merupakan tenaga-tenaga profrsional, dan dianggap mampu untuk menjalankan tugas kemanusiaan,” ungkapnya.

Pelantikan pengurus PMI kecamatan tersebut lanjutnya, berdasarkan hasil koordinasi PMI dengan pihak-pihak terkait termasuk pemerintah Kabupaten, kecamatan serta lembaga sosial kemanusiaan yang turut hadir dalam pertemuan khusus penempatan orang-orang yang dipilih menjadi pengurus kecamatan.

Noor Wachida berharap, agar para peserta pelatihan pertolongan pertama dapat menyerap dan mengikuti seluruh materi serta praktik yang akan di berikan oleh pelatih, sehingga nantinya mampu untuk berpartisipasi dan melaksanakan tugas sebagai pelaku pertolongan pertama.

Sementara itu, selaku Delagasi Internasional Federasi Red Cross (IFRC) dari Negara Australia, Jhon Fleming, melalui penerjemahnya mengatakan, program-program dan kegiatan kemanusiaan akan lebih baik jika dimulai dari tingkat bawah, agar lebih sesuai dengan kebutuhan.

“IFRC telah gencar melakukan dukungan kemanusiaan di wilayah-wilayah terdampak bencana yang ada di Indonesia, termasuk Parigi Moutong yang juga menjadi wilayah dukungan mereka pasca bencana alam tahun 2018 yang lalu,” jelas Jhon Fleming.

Berdasarkan pantauan media, kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu, yang diwakili oleh  Asiaten Pembangunan dan Ekonomi Sekretariat Daerah,  Agus Suryono Hadi. Hadir dalam kegiatan tersebut, Perwakilan PMI Pusat, Asep Muliady, Jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD),  Para Camat, dan Pengurus PMI beserta Relawan dan Staf PMI Kabupaten Parigi Moutong. FAZOAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *