Tiga Program Prioritas Dinas Koperasi dan UKM Parimo

Sekretaris Dinas Koprasi dan UMKM Parimo, Jumail. (Foto/ist)

Nandar-beritasulteng.com | Sabtu, 11 Januari 2020

PARIMO,beritasulteng.com- Tahun ini Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Parigi Moutong melaksanakan tiga program unggulan, hal itu sudah disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang ada. Kegiatan tersebut adalah pelatihan pelaku UKM, pelatihan untuk peningkatan SDM Koperasi dan memfasilitasi lima UKM untuk pembuatan merek dan pengurusan perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). 

Bacaan Lainnya

Demikian disampaikan Sekertaris Dinas Koperasi dan UKM, Jumail. Dikatakannya, untuk program memfasilitasi pembuatan merek dan pengurusan PIRT, Dinas Koperasi dan UKM hanya mengeluarkan rekomendasi kepada Dinas Kesehatan (Dinkes), UKM mana saja yang dianggap layak untuk mendapatkan PIRT.

Kata Jumail, meski direncanakan hanya lima UKM, tidak menutup kemungkinan jika ada sokongan dana maka jumlah UKM yang difasilitasi akan bertambah. 

Program lain kata dia, yang juga menjadi prioritas adalah pelatihan bagi pelaku UKM dan koperasi. Kegiatan ini direncanakan akan didanai oleh anggaran DAK.

“Kami merancang untuk lima angkatan, dua angkatan UKM dilatih fokasional bahan pangan dan nanti dipilih produk unggulan daerah dengan memperhatikan potensi alam dan masyarakat kita. Kita harus punya produk unggul yang dikeroyok bersama-sama dengan OPD terkait,” jelasnya. 

Dilanjutkannya, Dinas Koperasi dan UKM juga menganggap penting pengembangan Koperasi. Mengingat ada perbedaan yang cukup jelas antara Koperasi di wilayah Selatan dan wilayah Utara Parigi Moutong. 

“Perlu dilakukan penyeimbangan antara koperasi yang ada di arah selatan dan utara karena selama ini koperasi yang ada di bagian utara belum mampu mengejar kemajuan koperasi yang ada di selatan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *