by

Soal Kepengurusan Parpol, Bawaslu Mintai Tahir Keterangan

Laporan : Moh Faozhan/Safira

PARIMO, Beritasulteng.com- Oknum anggota Komisoner KPU Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Tahir, dimintai keterangan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Parimo, terkait dugaan keterlibatannya dalam kepengurusan Partai Demokrat Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Kasimbar, Kabupaten Parimo, Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu, (6/3).

Kehadirannya tersebut, telah dijadwalkan untuk dimintai bahan keterangan terkait sejumlah dokumen yang ditemukan tim investigasi Bawaslu Parimo.

Kordiv penindakan pelanggaran Bawaslu Parimo, Iskandar Mardani (Foto/ist)

Koordinator Devisi (Kordiv) Penindakan Pelanggaran Bawaslu Parimo, Iskandar Mardani, kepada sejumlah wartawan usai mengambil bahan keterangan mengatakan, Tahir hadir di Bawaslu Parimo berdasarkan undangan yang dilayangkan pihaknya, sebagai bagian dari investigasi yang dilakukan.

Menurut dia, pengambilan bahan keterangan terhadap Tahir, untuk memvalidkan serta mengkonfirmasi secara langsung sejumlah dokumen yang berhasil didapatkan Tim Investigasi Bawaslu yang sifatnya tidak langsung.

Dia menambahkan, pihaknya memvalidasi dokumen yang ada, berkaitan dengan benar tidaknya yang bersangkutan telah mengundurukan diri dari kepengurusan Partai Demokrat, dan juga terkait yang bersangkutan telah menerima surat keterangan dari partai, bahwa tidak lagi menjabat sebagai salah satu pengurus Partai tersebut.

Apakah persoalan ini akan ditindaklanjuti atau tidak kata Iskandar, itu tergantung dari hasil akhir investigasi pihak Bawaslu. Tetapi, keputusan tersebut menjadi keputusan pimpinan melalui rapat pleno, yang rencananya akan dilaksanakan Jumat (8/3).

“Karena nanti seluruh hasil investigasi yang kami lakukan, akan kami paparkan ditataran pimpinan. Jumat rencananya kami akan mengadakan pleno terkait hasil investigasi yang kami lakukan. Kemungkinan Senin, (11/3) kami akan publis hasil keputusan kami,” ungkapnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya,  investigasi dilakukan Bawaslu Parimo terhadap persoalan ini, guna memastikan kebenaran terkait persoalan tersebut.

Kordiv Hukum dan Informasi Bawaslu Parimo, Bambang (Foto/ist)

Hal itu diungkapkan, Kordiv Hukum dan Informasi Bawaslu Parimo, Bambang, yang ditemui sejumlah wartawan diruang kerjanya, Selasa (26/2).

Dia mengatakan, pihaknya memang belum menerima laporan terkait polimik dugaan oknum anggota KPU Parimo yang masuk dalam kepengurusan Partai. Hanya saja, pihaknya telah mendapatkan sejumlah informasi awal, yang dijadikan temuan untuk kemudian dilakukan investigasi mendalam.

“Ini informasi awal, dan memang belum ada unsur masyarakat yang melapor. Sehingga berdasarkan informasi ini, kami akan lakukan investigasi secara mendalam,” jelasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed