by

Tahun Ini PUPRP Parimo Terima DAK Rp35 Miliar

Beritasulteng.com- Pemerintah pusat ditahun 2019 ini, mengalokasikan Dana Alokasi Khusus (DAK) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong (Parimo), melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP), sebesar Rp35.431.720.000,-.

Hal itu diungkapkan, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PUPRP Parimo, Hendra Bangsawan, yang ditemui diruang kerjanya, Selasa (19/2).

Dia mengatakan, total alokasi DAK tersebut terbagi tiga yakni, Penugasan sebesar Rp13 Miliar lebih, Reguler Rp11,8 Miliar dan Afirmasi Rp10,4 Miliar, yang rencananya untuk pembangunan serta rehabilitasi jalan di berbagai wilayah di Kabupaten Parimo, yang telah diajukan pihaknya pada tahun 2018 kemarin.

Misalnya kata dia, di wilayah Kotaraya Kecamatan Mepanga, yang diketahui hampir seluruh jalan mengalami kerusakan, dan dianggap sangat prioritas tahun ini, untuk mendapatkan anggaran pembangunan jalan.

“Salah satunya di Kotaraya karena memang banyak jalan yang mengalami kerusakan di daerah sana,” jelasnya.

Sehingga kata dia, alokasi anggaran pembangunan jalan seperti pengaspalan dari DAK tahun 2019 ini terbilang besar berkisar Rp8 Miliar lebih, karena pihaknya menargetkan harus menuntaskan persoalan tersebut ditahun ini. Sementara sisanya, dibagi secara merata di seluruh Kabupaten Parimo.

Menurut dia, pihaknya tinggal menunggu proses lelang atau tender dilakukan, yang diakuinya mengalami sedikit keterlambatan karena, belum adanya pejabat ULP. Namun, pihaknya telah mempersiapkan SK Pimpro untuk melakukan pengawasan pada proyek pembangunan jalan itu.

“Kami harapkan proses pembangunan jalan melalui anggaran DAK ini dapat terlaksana dengan baik, dan dapat segera dimanfaatkan masyarakat di Kabupaten Parimo,” tuturnya.

(Safira/Beritasulteng.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed