by

DLH Dukung Penghijauan Pesisir Pantai Parimo


PARIMO, beritasulteng.com- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), memberikan dukungan kepada masyarakat yang dinilai perduli terhadap lingkungan, khususnya dalam pelaksanaan kegiatan penghijauan pesisir pantai.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas (Kadis) DLH Kabupaten Parimo, Irfan Maraila, yang ditemui diruang kerjanya, belum lama ini.

“Kami Sangat mendukung segala aktifitas masyarakat yang nota bene menjaga dan melestarikan lingkungan kita,” ujarnya.

Ia mengatakan, hal tersebut sesuai dengan program Parimo Hijau, yang telah dicanangkan DLH Parimo dalam RPJMD lima tehun kedepan.

Ia menuturkan, tahun ini DLH masih fokus dalam melakukan penghijauan kembali pada pesisir pantai Teluk Tomini di sepanjang wilayah Kabupaten Parimo.

Terkait hal itu lanjut dia, pihaknya telah membangun komunikasi dengan beberapa kelompok pecinta alam, dan pemerhati lingkungan di Parimo beberapa waktu lalu.

Pasalnya, berdasarkan informasi yang dihimpun pihaknya dari berbagai sumber, kondisi hutan mangrove disepanjang pesisir pantai Parimo sudah mulai memprihatinkan dibanding beberapa tahun sebelumnya.

“Beberapa oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab sengaja membabat pohon manggrove diwilayah kita untuk kepantingan pribadi maupun kelompok,” jelas Irfan.

Hal tersebut tambahnya, membuat Kabupaten Parimo tidak dapat lagi disebut sebagai wilayah penyangga hutan mangrove di Teluk Tomini.

Selain itu, berkaca pada bencana Tsunami dikota Palu beberapa waktu lalu, membuat pihaknya berencana akan melibatkan seluruh stakholder untuk bekerjasama dalam penghijauan pesisir pantai Teluk Tomini Kabupaten Parimo.

“Padahal Parimo langsung berhadapan dengan laut lepas, seharusnya kita menjaga hutan atau pohon mangrove yang ada,” tutupnya.

(ELL/beritasulteng.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed