Sebanyak 78 Cakasek Ikuti PPCKS

PARIMO, beritasulteng.com- Sebanyak 78 orang mengikuti Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS) di Kabupaten Parigi Moutong bertempat di Penginapan Pogaian Beach Tomini, Rabu (3/10).

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutoong Sunarti Masanang SPd MSi mengatakan, pendidikan merupakan hal yang sangat menentukan masa depan anak bangsa, karena pendidikan menjadi sebuah kekuatan yang dapat merubah peradaban. Olehnya Kata Sunarti untuk mendukung pembangunan nasional yang berkesinambungan diperlukan perhatian ekstra terhadap pencapaian sistem pendidikan yang berkualitas.

“Ada beberapa faktor utama yang mempengaruhi berkualitasnya pendidikan, salah satunya faktor manajemen sekolah. karena Kepala Sekolah mempunyai peran yang sangat penting dalam mencapai efektivitas dan efesiensi proses pendidikan pada satuan pendidikan,”Ungkapnya.

Lanjut Sunarti pada hakekatnya kepala sekolah merupakan sosok atau figur sentral dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan baik pada level individu, kelompok kelas maupun pada satuan Pendidikan. Kata ia, sejak terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI nomor 6 tahun 2018 tentang penugasan Kepala Sekolah, maka status seorang kepala sekolah bergeser. Kepala sekolah bukan lagi sebagai guru yang diberi tugas tambahan melainkan sebagai guru yang diberi tugas memimpin dan mengelola satuan pendidikan.

“Saat ini pengawas sekolah maupun kepala sekolah dituntut lebih fisioner dalam menghadapi persaingan global diera revolusi industri for point zero,”Ucap Sunarti.

Untuk mencapai  semua itu kata Sunarti, saat ini pemerintah Parigi Moutong yang di nahkodai Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu dan Wakil Bupati Parigi Moutong H Badrun Nggai SE serta didukung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong H Ardi SPd MM dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong Adrudin Nur SPd MSi bertekat untuk tidak lagi mengangkat guru sebagai Kepala Sekolah yang tidak melalui proses rekrutmen yang benar, Karena hanya dengan rekrutmen calon Kepala Sekolah yang berkualitas menghasilkan pemimpin yang profesional.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong Adrudin Nur SPd MSi mengatakan, yang mendasari dasar hukum pelaksanaan adalah undang undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional dan tujuan pelaksanaan kata Adrudin untuk mengisi kebutuhan formasi kepala sekolah TK, SD dan SMP di Kabupaten Parigi Moutong.

“Tujuan utama kegiatan ini selain untuk kebutuhan formasi Kepala Sekolah TK, SD dan SMP juga untuk mendapatkan Kepala Sekolah yang berkualitas,”Ujar Adrudin.

Mejadi Asesor atau narasumber pada kegiatan PPCKS adalah Drs H Sunaryo MPd berasal dari Dinas Pendidikan Wilayah 3 Lingkup Provensi Jawa Tengah, Prof Dr Patang MSi Universitas Negeri Makassar, Dr Nurwahidah SPd MPd MHum dari Universitas Negeri Makassar, Dr Andi Nurahma MPd Universitas Negeri Makassar, Puding SPd MPd dari LPMP Sulawesi Tengah, Drs Jeprin Jemsen Sesu MPd dari LPMP Sulawesi Tengah, Moh Yusuf SPd MPd LPMP Sulawesi Tengah dan Endang Prihatin BA SPd MSi MA dari LPMP Sulawesi Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *