Enam Lagu Pemenang Lomba Bakal Masuk Dapur Rekaman

PARIMO, beritasulteng.com- Lomba cipta lagu daerah yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), menghasilkan enam lagu ciptaan putra daerah yang wacananya bakal dibawah hingga ke dapur rekaman.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Dikbud Parimo, Adrudin Nur, yang ditemui saat mendapingi Wabup Parimo, Badrun Nggai, usai memberikan sejumlah hadiah kepada para pemenang lomba tersebut, Jumat (1/11)

“Lagu pemenang tersebut akan dibuatkan dalam satu album daerah dengan masing-masing terkewakilan etnis di Kabupaten Parimo,” ungkapnya. 

Harapannya kata dia, lomba cipta lagu tersebut kedepan tidak hanya diikuti beberapa orang saja, namun bisa lebih berkembang lagi, dan diikuti seniman terbaru yang dapat mengembangkan budaya di Parimo. 

“Proses legalistas seperti hak cipta juga akan kami upayakan, dan albumnya akan kami kormesilkan kedepannya,” ujar Adrudin. 

Senada dengan Wakil Bupati Parimo, yang juga berharap agar para pemenang lomba cipta lagu yang digelar Disdikbud tersebut tidak hanya sampi pada tahapan itu saja, akan tetapi dia juga menginginkan para pemenang tersebut dilakukan perekaman.

Kedepan kata dia, lagu daerah yang diciptakan tersebut dapat dikomersilkan, dan diupayakan hak ciptanya agar tidak diklaim oleh pihak lain. 

“Maju Parimo, bersama dengan budayanya. Jadi kami harapkan dengan lagu ciptaan ini dapat memperkenalkan budaya di Parimo,” Badrun Nggai. 

Pantauan media ini, Keenam lagu terbaik yang dinobatkan sebagai pemenang ialah lagu daerah  etnis Tajio dengan judul lagu Paimo Jijo, ciptaan Piet Rumambi (Alm). Etnis Lauje dengan Judul lagu Petuh Pine Mbu Ang Ngo E, ciptaan Muh. Ridwan Suqri. Kemudian, etnis Tialo judul lagu Apunane, ciptaan Bobby M. Etnis Kaili Rai judul lagu Lalampa Toboli, ciptaan Taufan Muhammad. Etnis Kaili Tara judul lagu Likunggavali, ciptaan Haidir Ali dan judul lagu Ino Tovea, ciptaan Idham Panggagau. FAOZAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *