Perbaikan Server Dukcapil Selesai, Seluruh Unit Layanan Kembali Diaktifkan

  • Whatsapp
Ir. Lewis, Kadis Dukcapil Parigi Moutong (Foto/beritasulteng.com)

Nandar – beritasulteng.com | Kamis, 9 Januari 2020

PARIMO, beritasulteng.com- Maintenance perangkat Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK) dan back up serta restore data, juga perbaikan sistem jaringan pada server Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Parigi Moutong (Parimo), yang dimulai 16 Desember 2019 sampai 2 Januari lalu, telah selesai dan efektif pelayanan masyarakat dibuka kembali pada 6 Januari 2020 kemarin. 

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Hal itu diungkapkan Kadis Dukcapil, Lewis kepada sejumlah media baru-baru ini. Dikatakannya, guna melakukan peningkatan pelayanan selain maintenance perangkat, pada bagian  kepegawaian juga melakukan rekruitmen pegawai sehingga didapatkan 11 orang ketambahan tenaga yang akan mengisi kekurangan pada loket di unit layanan. 

“Dengan rekruitmen ini  seluruh loket bisa terisi semua,” ujar Lewis.

Sistem manajemen pelayanan di Dukcapil juga terjadi perubahan pola yang diharapkan  pola manajemen tersebut dapat lebih singkat, akurat data dan lebih cepat pelayanan.

Lanjut Lewis, seluruh unit layanan kini kembali beroperasi, baik unit layanan Tinombo, Unit layanan mobile di kecamatan sesuai jadwal yang telah disusun untuk 2020. 

Bahkan kata dia, akan dibuka juga unit layanan di Kecamatan Taopa sehingga bisa melayani Kecamatan Moutong dan Bolano. 

“Tetapi kami ada layananan yang mobile bisa kemana saja, itu mungkin kami akan staykan di Taopa nanti,” ungkapnya

Setelah adanya perbaikan server kata dia, diharapkan tidak ada lagi kendala dikomunikasi data yang mengganggu lalu lintas data.

“Diperbaiki sebelumnya itu agar tidak bertrabrakan data-data dari seluruh unit layanan sehingga down server, kita benahi semua,” ungkapnya. 

Kata Lewis, pada semua unit layanan termasuk di desa, bentuk pelayanan dokumen kependudukan dibuat sama persis dengan pelayanan di kantor Dukcapil.

“Pada prinsipnya untuk layanan keliling misalnya, seperti Dukcapil pindah ke desa. Kecuali KTP karena faktor keterbatasan blanko,” tandasnya.  

Tahun ini, Dukcapil menargetkan dapat mencetak Kartu Identitas Anak (KIA) 40.000 keping , Kartu Keluarga (KK) 40.000, Akta Kelahiran 30.000 dan untuk KTP-el masih tergantung berapa jumlah blangko yang ada. 

“Terserah blanko yang datang, alat cetaknya kami mampu sampai 20 ribu. Semua bahan baku yang diadakan oleh daerah tersedia,” kata dia.

banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) Distro? atau TOPI CASUAL? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 10 November 2020.