BPBD Parimo Beri Pelatihan Pra Tugas Bagi TP4

  • Whatsapp

Nandar-beritasulteng.com | Sabtu, 18 Januari 2020

PARIMO, beritasulteng.com –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Parigi Moutong menggelar pelatihan pra tugas Tim Pendamping Percepatan Pembangunan Perumahan  (TP4) rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana di Parigi Moutong. Pelatihan tersebut berlangsung selama tiga hari, yang dimulai dari Jumat 17 Januari 2020 kemarin dan akan berakhir minggu 19 Januari 2020.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Pantauan media ini, kegiatan tersebut dibuka Bupati Parigi Moutong,diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan dr. Agus Suryono Hadi bertempat di Asrama Diklat Kelurahan Kampal.

Bupati Parigi Moutong dalam sambutannya yang dibacakan asisten perekonomian dan pembangunan dr. Agus suryono hadi mengatakan bencana gempa bumi yang disertai tsunami dan likuifaksi di sulawesi tengah pada tanggal 28 september 2018 di kota palu dan tiga kabupaten lain, Sigi, dDnggala dan Parigi moutong menyebabkan banyak korban jiwa dan kerusakan aset serta kerugian pada sektor permukiman, infrastruktur, ekonomi, sosial dan lintas sektor.

Bupati menambahkan berdasarkan instruksi Presiden Republik Indonesia nomor 10 tahun 2018 tentang percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi sulawesi tengah, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengusulkan alokasi anggaran kepada Menteri Keuangan untuk pendanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana gempa bumi, termasuk bantuan untuk rehabilitasi dan rekonstruksi perumahan yang dilaksanakan oleh masyarakat.

Bupati berharap para pendamping memiliki kapasitas, kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan yang cukup dalam melaksanakan kegiatan pendampingan penanganan bencana berbasis komunitas.

 “para pendamping juga harus memiliki kemampuan mendampingi warga memetakan kondisi sosial, ekonomi dan budaya, merumuskan permasalahan dan solusi kebutuhan bersama, menyusun rencana tindak pemulihan terutama di bidang infrastruktur, pembangunan rumah aman bencana, penataan lingkungan dan permukiman, ekonomi produktif, kelembagaan, modal sosial dan budaya utamanya nilai-nilai kearifan lokal” imbaunya.

Selaku pemateri dari kegiatan tersebut yakni Thoib Subhanto, sekretaris tim pendamping nasional BNPB, Tri Nugran Adiyartha, SH. M.A.P Kabid Rehabilitasi dan rekonstruksi, dan Asri, ST kabid rehabilitasi dan rekonstruksi Provinsi Sulawesi Tengah.

banner 728x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *