Program PKB Dikbud Tingkatkan SDM Guru

Parimo, beritasulteng.com- Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Parigi Moutong tahun ini memprogramkan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) insan guru.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan, Sunarti S,Pd M,Pd dikutip dari disdikbud.com, kamis (16/2020).

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Dikatakannya, seiring kemajuan dunia pendidikan, setiap guru dituntut mampu mengembangkan sumber daya yang dimilikinya untuk menjadi guru yang profesional. 

Melalui program PKB itu, guru diajar dan belajar megembangkan diri dalam kelompoknya sesuai jenjang pendidikan masing-masing, mulai dari guru Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) hingga guru Sekolah Menengah Pertama (SMP), sedangkan untuk guru Sekolah Menengah Atas (SMA) dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah. 

“PKB ini adalah wadah belajar yang diikuti semua guru berdasarkan kelompoknya masing-masing, contohnya guru TK bergabung dalam PKG, guru SD bergabung dalam KKG dan SMP dalam GMP. Mereka akan dimentori instruktur yang tersertifikasi oleh pusat, dengan metode belajar daring (online) dan juga tatap muka,” jelasnya. 

Pada kelas belajar PKB, kata dia, disiapkan juga modul pembelajaran untuk memudahkan guru menyerap semua informasi yang diberikan. Sepanjang proses belajar, akan dipantau oleh pusat melalui aplikasi yang terkoneksi dengan kelas PKB untuk mengetahui sejauh mana guru aktif belajar dalam kelompoknya. Keuntungan program PKB ini, guru sekaligus disiapkan untuk menghadapi Uji Kompetensi Guru (UKG) yang semakin tahun standar nilainya semakin naik. 

“Misalnya, jika kriteria ketuntasan minimal (KKM) di tahun 2020 adalah 80, maka setiap modul, guru harus mencapai nilai tersebut untuk membantunya lulus Pendidikan Profesi Guru (PPG) kemudian mendapatkan sertifikat. Berbeda dengan sebelumnya, cukup hanya mengikuti pelatihan selama tujuh hari, guru serta merta akan mendapatkan sertifikasi,” pungkasnya.

banner 728x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *