Bappelitbangda Akan Gunakan Aplikasi Data Lintas OPD

  • Whatsapp

Faozan – beritasulteng.com | Minggu, 26 Januari 2020

PARIMO, beritasulteng.com- Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) akan menggunakan aplikasi untuk mengkoneksikan data lintas OPD. Hal ini dimaksudkan agar OPD lebih cepat dalam menyediakan data untuk menjadi data tunggal yang digunakan oleh pemerintah daerah  melakukan perencanaan program. 

Bacaan Lainnya

“Aplikasi ini berkaitan tentang pendataan yang kita coba untuk koneksikan dengan data Dukcapil, data Dinas Pendidikan, data Dinas Sosial, data Dinas PMD, termasuk yang berkaitan masalah profil desa, juga data Dinas Kesehatan ini kita coba koneksikan. Jadi semua bisa melihat data lintas OPD, prinsipnya pendataan itu kita kan sandingkan secara keseluruhan sehingga ada sinergi yang baik antara program satu dan yang lainnya, karena datanya jelas,” kata Kepala Bappelitbangda, Zulfinasran STTP, kepada sejumlah media, belum lama ini.

Misalnya kata dia, menyikapi program nasional seperti penanganan stunting maka Dinas Kesehatan tidak hanya membutuhkan data berapa jumlah anak stunting ditiap desa tetapi perlu mengetahui data profil desa, data dinas Dukcapil dan data Dinas Pendidikan.

“Di profil desa bisa ketahuan bagaimana kondisi desa, terkait ketersediaan jamban misalnya. Demikian juga data terkait ibu hamil, sudah harus diketahui litas OPD berapa orang yang akan lahir dalam kurun waktu berapa bukan kedepan, Dinas Dukcapil akan menyiapkan pendataan dokumen kependudukan,” jelasnya.

Zulfinasran mengatakan, meski pembiayaan bagus namun perencanaan tidak disertakan data yang ril makan kemungkinan hasilnya tidak akan selalu bagus. Itulah sebabnya kata dia, pihaknya berharap rencana ini akan mendapat dukungan dari semua pihak. 

“Semua desa bisa langsung mengupdate datanya pada aplikasi itu sehingga OPD lain bisa melihat data terbaru,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *