Disdikbud Parimo Gencar Dukung Program Pengentasan Stunting

Aksa – beritasulteng.com |Jumat, 7 Februari 2020

PARIMO,beritasulteng.com- Melalui lima layanan dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (DISDIKBUD) Kabupaten Parigi Moutong (PARIMO), gencar berikan dukungan suksenya program pengentasan stunting.

Kepala Bidang (KABID) PAUD dan Dikmas Disdikbud Parimo, Nurlina, kepada media belum lama ini mengatakan, program dukungan terkait stunting di bidang PAUD Dikmas berfungsi untuk mempercepat akselerasi program. 

Kelima layanan dasar stunting PAUD HI tersebut yakni, layanan pendidikan, kesehatan gizi perawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan. 

Maksud dari seluruh layanan dasar stunting PAUD HI secara holistik dan integrasi kata dia, adalah kelima layanan dengan 53 indikator dilayani secara bersama, kerjasama antar lintas sektor dan instansi.

Menurutnya, jika unsur pendidikan terkait stunting terpenuhi, maka orang tua dapat mengerti bagaimana cara mendidik dan mengasuh anak. Pendidikan dan pengasuhan sejak 1000 hari kelahiran pertama. 

“Pendidikan baik dari sisi stimulus dan perkembangan anak. Dari situlah dinilai fase perkembangan anak secara normal,” jelasnya.

Kemudian, terkait stunting PAUD juga bertugas untuk menyiapkan ilmu, menyiapkan mainan, menyiapkan dan parenting selama proses pendampingan. 

Kegiatan parenting adalah memberi pelajaran kepada orang tua terkait pemberian hak kesehatan, gizinya, perawatannya, pengasuhannya dan perlindungan anaknya. 

Namun, yang terpenting pemenuhan dua kebutuhan yaitu kebutuhan lahir dan batin, kebutuhan lahir anak terkait gizinya, sedangkan kebutuhan batinnya melalui pemenuhan unsur kesejahteraan, pengasuhan serta perlindungan.

“Saat ini kami sudah membuat edaran ke seluruh PAUD untuk membuat sarapan secara bersama orang tua, anak dan PAUD minimal sekali dalam seminggu, ini bertujuan untuk membiasakan orang tua memasakkan makanan bagi anak dari rumah, memberikan bekal makanan kepada anak. Dan tidak membeli makanan diluar, yang tidak diketahui komposisi gizinya,” jelasnya.

Lebih jauh diuraikannya, PAUD HI akan membimbing unsur pemenuhan gizi dari makanan anak. Apabila ada yang kurang, akan segera diinfokan kepada orang tua untuk segera dipenuhi dengan segera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *