Kepsek Harus Laporkan Dana BOS Tepat Waktu

Faozan – beritasulteng | Jumat, 7 Februari 2020

PARIMO, beritasulteng.com- Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) harus dilaporkan tepat waktu sesuai dengan penggunaannya, mengingat dana BOS bias mempengaruhi realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). 

Bacaan Lainnya

Lapora dana BOS kata Kepala Bidang (Kabid) SMP, Jalaludin, kepada sejumlah media, jumat (7Februari 2020), manakala kepala sekolah tidak membuat pelaporan  sesuai dengan penggunaan RKS, maka akan melanggar daripada satu penggunaan dana yang ada. Olehnya, dalam penginputan pelaporan dana bos harus sesuai dengan RKS yang direncanakan, serta sesuai dengan kebutuhan sekolah

Kepala Sekolah kata dia, diharapkan tidak terlambat membuat pelaporan dana BOS agar tidak mempengaruhi realisasi keuangan daerah.

“Kita sudah dikejar oleh keuangan Pemda, kalau dulu dana BOS tidak berpengaruh dengan keuangan Pemda, tapi sekarang sangat berpengaruh karena melekat pada APBD,” tandasnya.

Jala menambahkan, Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Parigi Moutong hanya melakukan varifikasi berkas atau laporan, selanjutnya dokumen laporan tersebut diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan.

“Sementara kami dari dinas hanya memverifikasi laporan yang ada, karena dana yang menggunakan disekolah. Varifikasi untuk membuktikan benar dan tidaknya penggunaan itu, kemudian akan turun tim pemeriksa dari Disdik dan dilanjutkan dengan BPK. Jadi kami hanya  melakukan pemeriksaan awal,” jelasnya.

Kata dia, salah satu faktor lambatnya pembuatan laporan karena pencairan dana Bos tidak tepat waktu. Namun untuk sekolah yang tidak sempat membelanjakan anggaranya, masuk Sisa Lebih Penggunaan Anggaran(Silpa).

Sebaiknya, tidak boleh lambat dan harus sesuai dengan tahapan yang dijadwalkan dari Dinas Pendidikan. 

“Haparan kami seperti itu, jangan lagi ada yan terlambat memasukan laporannya,” tutup Jala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *