Lewis : Setiap Anak Wajib Dilaporkan Untuk Diterbitkan KIA

Faozan-beritasulteng.com | Kamis, 13 Februari 2020

PARIMO, beritasulteng.com- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Parigi Muotong (Parimo), meminta kerjasama kepada semua pihak untuk sesegera mungkin melaporkan anak yang lahir agar dicatat administrasi kependudukannya dan diterbitkan akta lahir serta Kartu Identitas Anak (KIA).

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Hal itu dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Parimo, Lewis. Lewis mengatakan, setiap warga negara berhak dicatatkan administrasi kependudukannya, hal ini sangat dibutuhkan untuk mendapatkan akses layanan lainnya. 

“Setiap anak yang lahir di Indonesia ini wajib hukumnya diterbitkan identitasnya berupa NIK dan Akta kelahiran juga KIA.  Sebab ini adalah dasar mereka untuk mendapatkan hak akses layanan publik lainnya,” ungkapnya yang ditemui beberapa waktu lalu. 

Menurut Lewis, pemerintah desa sangat berperan penting untuk membantu menuntaskan pencatatan administrasi penduduk. Sehingga kata dia, diharapkan Kepala Desa selalu aktif mencari warganya yang belum dicatatkan administrasi kependudukannya dan diimbau untuk segera melaporkan diri.

“Ada layanan keliling secara berkala turun ke Kecamatan-kecamatan, ada kantor Layanan Dukcapil di Tinombo, atau bisa mendatangi langsung Kantor Dukcapil di kabupaten. Bahkan nanti akan dibuka layanan khusus bagi warga di Komunitas Adat Terpencil,” jelas Lewis.

Kata Lewis, sebagian besar wilayah KAT di Parigi Moutong belum terlayani pencatatan administrasi kependudukannya. Sehingga warga KAT memerlukan perhatian serius pemerintah. 

 “Dukcapil akan melayani diwilayah terpencil, diwilayah KAT. Rencannya bulan April mendatang, perangkatnya sudah siap dari tahun lalu hanya saja datang diakhir tahun. Jadi ini akan diuji coba tahun ini. Kita hanya membutuhkan area yang menjangkau satelit,” urainya. 

Lewis mengakui, perlu membuka layanan khusus di lokasi KAT agar masyarakat terpencil mendapatkan kemudahan dalam mengurus administrasi kependudukan. Hal ini kata dia, akan memberikan dampak positif dan membuka ruang yang merata terhadap seluruh akses pelayanan dasar masyarakat.

banner 728x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *