Permendikbud Tuntut Kepsek Kantongi NUKS

  • Whatsapp

Aksa-beritasulteng.com | Selasa, 18 Februari 2020

PARIMO, beritasulteng.com- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebutaan (Permendikbud) Nomor 6 tahun 2018 tuntut kepala sekolah (kepsek) harus mengantongi Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS). Sebab, kepsek merupakan jabatan manejerial di satuan pendidikan.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Menurut Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan dan Kebutaan (Disdikbud) Parigi Moutong, Sunarti kepada sejumlah pemedia baru baru ini, regulasi tersebut keluar sejak April 2018. Namun, telah diberlakukan 2019, sehingga kepsek harus memiliki NUKS di tahun 2020 ini. 

Namun pemerintah pusat katanya, juga memberikan tenggang waktu, kesempatan pada daerah untuk mempersiapkan daerahnya dalam rangka mengimplementasikan Permendikbud tersebut.

“April 2018 keluar,  April 2020 dia (Permendikbud) berlaku, berarti ada tenggang waktu untuk daerah melatih kepsek guna mendapatkan NUKS yang telah menjadi tuntutan Permen,” ujarnya.

Dia paparkan, diakhir tahun 2019 silam pihaknya mendapat bantuan APBN untuk menyelesaikan program Calon Kepsek (Cakep). Namun regulasi juga memberikan kebijakan terhadap kepsek yang telah menjabat dan dilantik sebelum regulasi ini ada.

“Artinya, kalau dia (kepsek) sudah menjabat sebelum permen ini keluar, kepsek tersebut tidak perlu lagi melakukan seleksi Cakep yang meliputi adminitrasi dan akedemik.

Ia cukup mengikuti Diklat penguatan kepsek untuk mendapatkan NUKS. Ini untuk kepsek yang sudah dilantik sebelum Permen kelaur atau sebelum April 2018,” paparnya.

Sementara untuk kepsek yang dilantik setelah Permendikbud ini keluar, kepsek tersebut harus meninggalkan jabatannya, dan mengikuti proses Cakep dari awal. Jika lulus baru kembali dilantik menjadi kepsek.

“Tidak semua kepsek bisa mengikur Cakep. Dia harus masuk dalam Simdiklat, dan harus memenuhi tiga syarat, yakni minimal golongan IIIC, memiliki sertifikat pendidik serta SI. Ketika syarat ini tidak dipenuhi, maka kepsek tidak masuk dalam Simdiklat, dan tidak dapat mengikuti Cakep. Sehingga otomatis ia tidak bisa mendapatkan NUKS,” pungkasnya.

banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) Distro? atau TOPI CASUAL? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 10 November 2020.