DPUPRP Parimo Usulkan Raperda RTRW Diperdakan

Faozan-beritasulteng.com | Rabu, 19 Februari 2020

PARIMO, beritasulteng.com- Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parigi Moutong (PARIMO), melalui Bidang Tata Ruang,  tahun ini mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) untuk dijadikan produk Peraturan Daerah (Perda). 

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang (KABID) Tata Ruang PUPRP Parimo, I Wayan Sukadana, yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan, Program Bidang Tata Ruang tahun 2020 adalah penyelesaian Raperda RTRW.

“Kemarin kita mendapat bantuan dari pemerintah pusat di tahun 2019,  untuk penyusunan kajiannya. Jadi kita masih menunggu hasil koreksi per sub dari kementerian.  Persub ini seperti lintas sektor yang mau diperiksa, misalnya bagian ini di kementrian apa, itu yang kami tunggu hasilnya,” urainya.

Jika pemeriksaan per sub bagian dokumen RTRW oleh pemerintah pusat telah selesai kata dia, akan segera diajukan ke Bagian Hukum dan Perundang-Undang Pemerintah Daerah dan DPRD untuk dibahas rancangan perdanya. 

“Karena sudah ada dalam bentuk rancangan perundangan dan kita masukkan di DPRD untuk dibahas dalam persidangan,” ungkapnya.

Menurut dia, untuk Rencana Detai Tata Ruang sudah memiliki kajian teknis untuk empat wilayah. Namun kata dia, baru satu RDTR Kota Parigi yang dibuatkan Perdanya.

“Yang sudah jadi Perda itu Kota Parigi, lainnya masih dalam bentuk materi teknis seperti  Kecamatan Taopa, Tinombo, Ampibabo dan Parigi Utara,” ujarnya.

Dikatakannya, materi teknis untuk menjadi Perda yaitu kajian lingkungan strategis (KLS). 

“Itu yang perlu dibuat dokumennya, keseluruhan untuk yang empat wilayah tadi baru bisa di Perdakan untuk kita ajukan ke DPR,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *