Disdikbud Canangkan Seleksi Cawas

Aksa-beritasulteng.com | Minggu, 23 Februari 2020

PARIMO, beritasulteng.com- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong (PARIMO), melalui Bidang GTK, tahun ini akan memprogramkan seleksi bagi Calon Pengawas (Cawas).

Bacaan Lainnya

Menurut Sunarti, Kepala Bidang GTK Disdikbud Parigi Moutong, program tersebut dicanangkan mengingat pengawas yang ada di lingkup satuan pendidikan semakin berkurang. Sehingga pihaknya akan kembali menyeleksi Cawas. Sedangkan bagi pengawas akfif harus mengikuti Diklat penguatan kembali.

“Tahun ini mengingat pengawas kita sudah semakin habis, dan menjadi pengawas sama regulasi mengikuti calon kepala sekolah maka pengawas harus mengikuti seleksi Cawas,” tuturnya kepada sejumlah pemedia belum lama ini.

Dijelaskannya, pengawas memiliki jangkauan luas Di Parigi Moutong, dari ujung Kecamatan Moutong hingga Sausu pihaknya membutuhkan banyak pengawas. Namun yang ada saat ini setiap pengawas sudah melebihi dari target perpengawas.

“Program Cawas juga merupakan tuntutan Permendikbud,” terangnya.

Sunarti paparkan, ada dua jenis pengawas, yang pertama pengawas mata pelajaran (mapel), misalnya, pengawas kualifikasi IPS, maka guru yang akan bina harus sesuai dengan kualifikasi seorang pengawas.

“Seharusnya, satu pengawas untuk Mapel, minimal membimbing sebanyak 19 guru. Jika dia pengawas pembina, maka minimal tujuh sekolah,”

Lebiu jauh diuraikannya, dengan terbitnya Permendikbud juga menjadikan pengawas menjadi jabatan yang sangat penting, karena pengawas akan menetukan proses belajar mengajar di satuan pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *