Tenaga Pengawas Bukan Pegawai Buangan

  • Whatsapp
Kepala Bidang Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Disdikbud Kabupaten Parimo, Sunarti.

Aksa-beritasulteng.com | Minggu, 23 Februari 2020

PARIMO, beritasulteng.com- Tenaga pengawas dilingkup Pendidikan merupakan jabatan tertinggi, dan bukan tenaga buangan ataupun parkiran. Demikian di kemukakan Kepala Bidang GTK, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parigi Moutong, Sunarti belum lama ini

Bacaan Lainnya

Dia menuturkan, tahun ini pihaknya mengadakan Calon pengawas (Cawas), selain sebagai tuntutan Permendikbud, ini untuk menghilangkan image, menjadi pengawas karena dibuang atau hanya parkiran dalam satuan pendidikan. 

“Tahun ini kita memgadakan Cawas lagi, ini juga untuk menghilangkan image kita, bahwa menjadi pengawas karena buangan ataupun hanya parkiran. Padahal tanggung jawab pengawas lebih berat dari kepala sekolah, dan ini menjadi jabatan tertinggi di dunia pendidikan,” kata Sunarti.

Ia memaparkan, mulai dari guru hingga pengawas merupakan karir berjenjang. Artinya, setiap guru beropsesi untuk menjadi kepala sekolah. Namun meraih itu, merupakan guru berprestasi, begitupun menjadi pengawas.

“Menjadi kepala sekolah harus guru yang berprestasi. Nah ketika sudah menjadi kepala sekolah harus beropsesi tinggi lagi menjadi pengawas,” urainya.

Seolah menegaskan Sunarti sekali lagi mengatakan, bukan karena diangkat menjadi pengawas, mereka di parkir ataupun disebakan kesalahan kesalahan menjadi kepala sekolah sehingga di buang menjadi pengawas.

“Dengan terbitnya Permendikbud juga menjadikan pengawas menjadi jabatan yang sangat penting, karena dia menetukan baiknya kualitas pendidikan,” terangnya.

Sunarti menambahkan, ada dua jenis pengawas, yang pertama pengawas mata pelajaran (mapel), misalnya, pengawas kualifikasi IPS, maka guru yang akan bina harus sesuai dengan kualifikasi seorang pengawas dan membimbing 19 guru. Selanjutnya pengawas pembina, membimbing minimal tujuh sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *