Progres Pengisian Dapodik di Parimo Capai Seratus Persen

Nurlina Sani, Kabid PAUD dan Dikmas Disdikbud Parigi Moutong. (F. Dok)

Aksa-beritasulteng.com | Jumat, 6 Maret 2020

PARIMO, beritasuleng.com– Parigi Moutong satu satunya Kabupaten capai progres 100 persen dalam pengisian data satu Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) tahun 2019/2020. Dan progres ini melaju jauh dari kabupaten dan kota di Sulteng.

Bacaan Lainnya

Ini berdasarkan progres pengisian data satuan Paud Direktorat Jenderal Paud dan Dikmas yang di update tanggal 3 Maret 2020. Dari 12 kecamatan dan satu kota di Sulteng, Parigi Moutong sangat berprogres, sedangkan Kota Palu masih nol persen.  

“Jadi untuk tingkat provinsi pengisian Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Parigi Moutong posisi tingkat pertama. Artinya, proses pengimputan 100 persen namun target untuk mencover seluruh anak umur 0 hingga 6 tahun itu masih jauh,” ujar Kepala Bidang Paud Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parigi Moutong, Nurlina Sani kepada media ini, Kamis (5/3).

Nurlina paparkan, di Parigi Moutong Kecamatan Mepanga menjadi yang tercepat dalam mengisi Dapodik tersebut. Namun masih ada beberapa kecamatan di kabupaten setempat belum mencari anak usia 0-2 tahun. Padahal kata dia, di usia itu dibutuhkan penanganan Stunting melalui Paud. Sedangkan tercover saat ini sekitar 2000 anak di usia itu.

“,0-2 kami gencarkan stunting. Inilah yang saat ini kita sosialisasikan, di imbau kepada masyarakat untuk mendaftarkan anaknya, seperti di Kecamatan Tinombo belum ada umur 1 tahun yang terdaftar, padahal inilah yang kita sasar,” terangnya.

Dijelaskannya, secara jumlah siswa dalam progeres itu, saat ini yang telah terinput dalam Dapodik capai 24.422 siswa di Parigi Moutong. Sedangkan berdasarkan data tahun sebelumnya hanya mencapai 21.000 siswa, sehingga tahun ini terjadi peningkatan cukup signifikan sejumlah 3.400 siswa.

“Peningkatan ini juga berdasarkan intruksi kepada seluruh lembaga Paud untuk bekerjasama dengan desa kader BKBD untuk mencari anak umur 0 hingga 6 tahun,” ungkapnya. Diketahui, dari 278 jumlah desa yang ada di Kabupaten Parigi Moutong dan lima kelurahan, satunPaud di kabupaten setempat mencapai 500 lebih. Terdiri dari Lembaga Taman Kanak kanak 284, Kelompok Bermain (KB) 170 serta 33 Satuan Paud Sejenis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *