Dinas PUPRP Parimo Diusulkan Menjadi OPD Penghasil PAD IMB

Rapat Pansus III di ruang sidang DPRD Parimo, tentang pendapatan dan retribusi daerah. FOTO/BeritaSulteng.com

Faozan-beritasulteng.com | Senin, 9 Maret 2020

PARIMO, beritasulteng.com- Pendapatan Asli Derah (PAD) Kabupaten Parigi Moutong (PARIMO), yang bersumber dari program Izin Mendirikan Bangunan (IMB), diusulkan agar dipindahkan ke Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan (PUPRP).

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Hal tersebut dikemukakan Sekretaris Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Parimo, Abdul Aten, dalam rapat Panitia Khusus (PANSUS) tiga DPRD Parimo, tentang pendapatan dan retribusi daerah, Senin, (9/3/2020).

Selama ini kata Aten, PAD Kabupaten Parimo yang bersumber dari IMB melekat pada Dinas PMPTSP. Seharusnya sambung dia, hal tersebut diberikan kepada Dinas yang seharusnya, yakni Dinas PUPRP.

“Tugas Dinas PMPTSP hanya sebatas menerbitkan izin. Bukan sebagai OPD penghasil PAD,” tegasnya.

Izin retribusi yang selama ini diterbitkan oleh Dinas PMPTSP adalah IMB, periklanan, dan juga izin trayek. Sementara untuk persoalan tentang kewenangan, dan penganggaran, itu melekat pada Dinas PUPRP. Oleh sebab itu kata dia, target PAD dari sisi IMB harus menjadi bagian dari pada Dinas PUPRP.

Dia menambahkan, berdasarkan hasil studi banding pihaknya dibeberapa daerah termasuk yang diluar Provinsi Sulawesi Tengah (SULTENG), tidak ada satupun wilayah yang memberlakukan sistem  seperti di Parimo. Dinas PMPTSP hanyalah sebagai OPD yang mengeluarkan izin retribusi dinas lain, namun untuk realisasi PAD, semua dikembalikan ke Dinas terkait masing-masing.

banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) DISTRO? atau TOPI HIP HOP? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 30 September 2020.