DPRD Parimo Optimis 30M Anggaran Kesehatan Masyarakat Terpenuhi

  • Whatsapp

Faozan-beritasulteng.com | Jumat, 13 Maret 2020

PARIMO, beritasulteng.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Parigi Moutong (PARIMO), optimis dalam mengupayakan anggaran bagi Jaminan Kesehatan Masyarakat senilai Rp.30miliar dapat terpenuhi.

Bacaan Lainnya

Ketua DPRD Parimo, Sayutin Budianto, kepada sejumlah media diruang kerjanya, Jumat (13/3/2020) mengatakan, saat ini yang terpenting adalah bagaimana caranya agar Pemerintah Daerah (PEMDA), bisa cepat menyelesaikan pemutakhiran data masyarakat miskin sebelum 31 maret mendatang.

Dikatakannya pula, jika nantinya angka Rp30 M yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tersebut belum bisa memenuhi kuota jaminan kesehatan yang ada, maka salah satu solusinya adalah ditambahkan dari APBD Perubahan.

“Jika pihak Pemda dalam pelaksanaannya tidak merespon hal ini, maka mundur saja dari penjaminan BPJS,” tegas Sayutin.

Dia menambahkan, diluar persoalan terdaftar atau tidak di BPJS, serta soal masyarakat yang terlepas dari program Universal Health Coverage (UHC) sebanyak 45 ribu jiwa, Rumah Sakit sudah seharusnya menerima masyarakat tidak mampu.

Jika ada masysrakat yang memiliki KTP, Suket atau Surat Keterangan dari Kepala Desa di Parimo mengaku tidak memiliki uang membayar RS, harus dijaminkan saja terlebih dahulu. Nanti lanjutnya, RS menagih pada saat pembahasan APBD perubahan di bulan Agustus 2020.

“Harusnya kalau sudah ada rekomendasi dari desa, pemerintah melalui Dinas Sosial ambil sikap untuk menyampaikan ke pihak RS,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *