Pelantikan PKD, Bambang : Tugas PKD Sangat Vital Mengawal Demokrasi

  • Whatsapp
Foto bersama usai melaksanakan pelantikan Pengawas Kelurahan Desa (PKD). Foto/ist

Nandar-beritasulteng.com | Sabtu, 14 Maret 2020

PARIMO, beritasulteng.com- Kordinator Devisi Hukum, Hubungan Masyarakat, Data, dan Informasi Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Parigi Moutong, Bambang, menegaskan tugas Pengawas Kelurahan Desa (PKD) sangat vital dalam mengawal proses demokrasi. Itulah sebabnya kata dia, PKD harus melaksanakan tugasnya dengan penuh integritas. 

Bacaan Lainnya

Hal itu diungkapkannya saat memberikan sambutan pada kegiatan pelantikan 9 PKD, yang diselenggarakan oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Toribulu, Sabtu (14/3/2020) di ruang pertemuan BPP Toribulu. 

“Selamat bergabung menjadi keluarga besar Bawaslu. Pelantikan ini bukan hanya seremoni atau kegiatan hanya untuk menggugurkan kewajiban, sebagaimana dalam  pakta integritas dalam ikrar  be4tanggung jawab kepada bangsa, negara dan Tuhan yang maha Kuasa,” tandasnya, 

Bambang mengatakan,  PKD bertugas sangat vital dalam mengawal demokrasi, untuk mensukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, September 2020 mendatang. 

PKD kata dia, harus giat mensosialisasikan anti politik uang dan sara,  membantu tugas Panwascam dan bersinergi dengan pemerintah yang ada di desa.

“Politik uang itu bahaya laten dalam proses demokrasi, ada masyarakat yang rentan dipengaruhi saat menentukan pilihannya. Padahal kedaulatan terbesar dan tertinggi itu pada saat pemilihan. Masyarakat bebas memilih sesuai keinganannya, tentu dengan memperhatikan kualitas calon,”pesannya.

Ditambahkannya, tugas PKD selain diantaranya mensosialisasikan bahaya politik uang, juga kerjasama dengan  pemerintah desa, Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat, tokoh-tokoh yang ada di desa.

“Kita berharap Pilgub melahirkan pemimpin yang berkualitas dan benar-benar diingankan oleh masyarakat,” kata dia.

Bambamg juga berpesan, PKD harus lebih cepat menyesuaikan, belajar, karena banyaknya regulasi yang baru dan rajin berkonsultasi ke Panwscam jika mengalami kendala dalam bertugas. 

“Saya percaya PKD dapat melaksanakan tugas dengan baik, jaga integritas dalam bertugas,” tutupnya.

Diketahui, pelantikan tersebut dihadiri pemerintah kecamatan Toribulu, yang diwakili Kasi Trantib, Koyan Djaman S, ag M,Pd , Ketua Panwascam Toribulu, Djamaludin, Anggota Panwascam Zulkarnain, dan Yudianto.

Pelantikan PKD se kabupaten Parigi Moutong itu dimulai sejak tanggal 13 sampai dengan 20 Maret 2020.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *