Hadapi Covid-19, Pemdes Kayuboko Siapkan Anggaran Sterilisasi Wilayah

Hadapi Covid-19, Pemdes Kayuboko Siapkan Anggaran Sterilisasi Wilayah
Foto/ist

Arif-beritasulteng.com | sabtu 28 Maret 2020

PARIMO, beritasulteng.com- Sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah virus corona (Covid-19) diwilayahnya, Pemerintah Desa (PEMDES) Kayuboko, Kecamatan Parigi Barat, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, telah menyiapkan anggaran melalui program desa tahap satu, Gerak Cepat Gugus Tugas Cegah Covid-19.

Bacaan Lainnya

Seperti yang dikemukakan orang nomor satu di Desa Kayuboko, Rahmad, saat ditemui beritasulteng.com dikediamannya, Jumat, (27/3/2020), program tersebut akan dijalankan sesuai dengan yang tertuang dalam surat edaran Kemeterian Desa, Pembangunan Daerah dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) , dan juga edaran Bupati Parimo, Nomor.338/1012/BAG.HUMAS Tentang Pencegahan dan antisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Parigi Moutong.

“Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Kemendes Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19, dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa,” ungkapnya.

Dijelaskannya pula, jumlah anggaran yang disiapkan untuk program tersebut yakni senilai Rp3.600.000. Anggaran itu lanjutnya, akan digunakan untuk pembelanjaan sejumlah perlengkapan seperti, cairan desinfektan, alat semprot, pembayaran petugas semprot, sampai dengan pengadaan sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

Dia menambahkan, dengan menindaklanjuti dua surat edaran tersebut, Pihaknya menaruh harapan kepada masyarakatnya agar bisa mengikuti imbauan-imbauan dari Pemerintah Kabupaten maupun Pemdes. Hal itu kata Rahmad, agar upaya yang dilakukan dalam pencegahan penyebaran wabah covid-19 di desanya tidak sia-sia.

Pemerintah desa juga kata dia, selalu memberikan arahan atau imbauan kepada masyarakat dalam setiap kegiatan didalam maupun diluar kantor desa.

Rahmad mengimbau, agar seluruh masyarakat Desa Kayuboko bisa menunda jika mempunyai rencana melaksanakan hajatan-hajatan selama masa pencegahan penyebaran virus yang sedang merajalela saat ini.

“Harapan terbesar kami tentunya agar  ini semua segera selesai, seluruh aparatur dan juga elemen masyarakat desa Kayuboko bisa melewati bencana virus covid-19 dalam keadaan sehat,” harap Rahmad.

Baca juga : https://beritasulteng.com/2020/03/27/pembangunan-objek-wisata-program-prioritas-desa-gangga-2020/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *