Pemuda Lemusa Strerilkan Desa dari Penyebaran Covid-19

  • Whatsapp
Pemuda Lemusa Strerilkan Desa dari Penyebaran Covid-19
foto/Iwan

Iwan-beritasulteng.com | Jumat, 3 April 2020

PARIMO, beritasulteng.com- Pemuda Desa Lemusa, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) yang tergabung dalam organisasi Rumah Sangga Lemusa (RSL) melakukan pencegahan penyebaran Covid – 19. 

Bacaan Lainnya

Berdasarkan pantauan media ini, Jumat (3/4/2020), sejumlah kendaraan roda dua maupun roda empat yang akan masuk ke desa di wilayah selatan tersebut diberhentikan kemudian disemprot menggunakan cairan disinfektan. 

Selain itu para pengendara di arahkan untuk mencuci tangan. “Kami hanya ingin berupaya agar desa kami terhindar dari covid 19,”ujar Julianto Paduo,  Koordinator, RSL. 

Inisiatif tersebut muncul saat penyebaran covid 19 mulai meluas ke sejumlah daerah di Indonesia. 

Sehingga mereka langsung berkoordinasi dengan pemerintah desa mendirikan posko di jalan masuk ke desa. 

Proses pembuatan cairan Disinfektan oleh pemuda Desa Lemusa (Foto/Iwan)

Penyemprotan juga dilakukan di rumah-rumah ibadah. “Kami ingin mendorong pemerintah agar melakukan pencegahan, kami juga ingin adanya keterlibatan perangkat desa,”harapnya. 

Rencanannya kegiatan tersebut akan terus dilaksanakan beberapa hari kedepan. Tetapi mereka masih akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat.  Sebab peralatan yang digunakan seadanya, minim Alat Pelindung Diri (APD) dan kelengkapan lainnya. 

Sekadar diketahui, berdasarkan edaran mentri nomor 8 tahun 2020 bahwa Dana Desa (DD) boleh digunakan untuk penanggulangan covid 19. Sesuai SK, desa membuat gugus penanggulangan di setiap desa, terdiri dari Kepala Desa (Kades) dan perangkatnya. 

Termasuk juga tokoh masyarakat, tokoh agama dan pendamping desa dan karangtaruna. Hasil musyawarah bersama satuan gugus penanggulangan covid 19 kabupaten, anggaran penanggulangannya kurang lebih  lebih 10 sampai 15 persen dari alokasi dana desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *