Desa Olaya Gelontorkan Rp77 Juta Untuk Corona

Foto : Basrul/beritasulteng.com

Penulis : Basrul | Editor : Andi Sadam

PARIMO, Beritasulteng.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Olaya, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah, mengalokasikan  Dana Desa sebesar 10 persen untuk pencegahan Covid-19.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

“Alokasi anggaran senilai Rp77 juta lebih itu berdasarkan surat edaran Kemendes PDTT nomor 8 tahun 2020 tentang desa tanggap Corona Virus (Covid-19) dan Penegasan padat karya tunai desa,” kata Kepala Desa Olaya Idham abdul karim, saat ditemui beritasulteng.com di kantornya, Senin, (14/4/2020).

Pemanfaatan anggaran itu untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), Penyemprotan, membangunan Posko beserta kebutuhan lainnya yang berkaitan dengan pencegahan Covid-19

“Untuk penyemprotan kami lakukan ke rumah-rumah warga,k tempat-tempat umum, meyiapkan sabun di setiap masjid, dan menyiapkan 2.000 masker untuk masyarakat” kata Idham.

Tujuan pembentukan posko tersebut, kata Idham, juga untuk melakukan pendataan bagi masyarakat-masyarakat yang sering keluar masuk di desa olaya, hingga mengontrol penanganan warga yang sakit.

Posko itu ditempati relawan desa penanggulangan Covid -19. Untuk pelayanannya dibuka 24 jam dengan sistem shift siang dan shift malam.

Dalam pelibatannya keanggotaan relawan, relawan desa Olaya melibatkan Kepala Desa sebagai  Ketua, Wakil Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) beserta anggotanya, Bidang Desa, Toko Masyarakat, Babinkabtibmas, Babinsa, dan beberapa kader dari masyarakat.

Ia berharap dengan terbentuknya posko, masyarakat makin menyadari betapa pentingnya saling membantu mengatasi penyebaran covid 19, sehingga di Desa Olaya bebas dari virus corona. “Yang paling kami harapkan jangan sampai ada yang terpapar,” harap Idham.

Ia menghimbau untuk warganya ketika ada yang keluar masuk diharpkan melapor kemudian setiap rumah menyediakan cuci tangan dan ketika keluar rumah diharapkan juga cuci tangan.

banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) DISTRO? atau TOPI HIP HOP? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 30 September 2020.

1 Komentar