Virus Corona Bisa Menular Lewat HP, Cepat Hapus!

  • Whatsapp
Ilustrasi/ist

Sumber: Okezone.com | Editor: Andi Sadam

JAKARTA, beritasulteng.com- Handphone atau lebih dikenal HP, merupakan benda yang sering dipegang oleh tangan pengguna. Dengan demikian, ponsel rentan sebagai media yang bisa menularkan virus corona.

Bacaan Lainnya

Apalagi di era digital ini, menjadikan gadget atau perangkat berbasis android sebagai benda yang sulit dipisahkan dengan penggunanya. Bahkan hampir tiada waktu tanpa menggenggap perangkat komunikasi tersebut.

Nah, kenapa HP masuk kategori media yang bisa menularkan Covid-19?  Sebaba dalam dunia pergaulan, tak jarang terjadi tindakan meminjam sebentar. Bahkan terkadang kita meminta teman atau orang lain untuk mengisi sesuatu ke gadget kita, misal sandi WiFi.

Tanpa disadari, mungkin saja orang atau teman yang memegang HP tadi sedang terpapar, atau baru saja dia kontak dengan orang sebelum kita yang mungkin saja positif corona virus. 

Walau begitu, namun bukan berarti kita harus memutus rantai pertemanan atau berdekatan dengan orang di sekitar. Setidaknya, upaya waspada selalu jadi patokan, seperti membudayakan cuci tangan dan pakai masker.

Nah, tentang gadget anda agar selalu terhindar dari Covid-19, berikut tips membersihkan atau menghapus partikel virus corona di HP. Cepat bersihkan! Ingat, ini untuk mencegah penularan virus. Beberapa cara dapat dilakukan seperti menggunakan cairan disinfektan dan memakai air serta sabun.

Cairan Disinfektan.

Untuk membersihkan smartphone dari virus, Anda bisa menggunakan cairan disinfektan. Sebaiknya hindari cairan alkohol untuk membersihkan smartphone. Pasalnya alkohol dapat menghilangkan lapisan oleophobia dan hidrofobik. 

Anda bisa menyemprotkan cairan disinfektan ke kain microfiber dan kemudian usap dengan perlahan pada permukaan ponsel.

Air dan Sabun.

Virus dapat dihancurkan dengan pelarut lemak salah satunya sabun rumah tangga. Ketika Anda sulit menemukan disinfektan, sabun bisa menjadi alternatif lain

Menurut ahli mikrobiologi dari University College London, air dan sabun bisa membersihkan ponsel secara efektif. Pertama pastikan ponsel Anda dalam keadaan mati.

Kemudian larutan sabun ke air dan celup kain microfiber ke dalam larutan. Usap pada smartphone dengan hati-hati.

Perhatikan jika ada tetesan, jangan sampai tetesan air mengenai lubang pada ponsel. Lalu, keringkan smartphone Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *