Ditengah Pandemi: Ujian Sekolah #DiRumahSaja

Ilustrasi : Istimewa

Penulis : Moh Aksa | Editor : Andi Sadam

PARIMO, beritasulteng.com Hastag #DiRumahSaja yang diberlakukan untuk umum secara nasional ditengah pandemi Covid-19, kini berdampak pada pelaksanaan Ujian Sekolah (US). 

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Di Kabupaten Parigi Moutong misalnya, US tingkat Sekolah Dasar (SD) dilaksanakan di rumah masing-masing siswa.

Pelaksanaan ujian di rumah, ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang saat ini menjadi momok menakutkan di dunia. Itu dikemukakan Kabid SD Disdikbud Parimo Ince Pina, Rabu, 15 April 2020.

Ince Pina ungkapkan, meski pelaksanaan ujian tersebut di rumah masing masing, namun siswa tetap mendapat pendampingan guru yang dibantu walinya.

Dipaparkannya, pelaksanaan ujian di rumah dilaksanakan selama tiga hari, namun ada hingga lima hari. Karena beberapa sekolah melaksanakan US satu hari permata pelajaran. Pasalnya, pelaksanaan ujian tersebut berdasarkan sekolah masing masing.

Sedangkan untuk mata pelajaran (Mapel) yang diujikan kata dia, tiga Mapel umum. Serta ada beberapa Mapel tambahan untuk tingkat Sekolah Madrasyah Ibtidaya (MI)

“Pelaksanaannya tiga hari, ada juga sekolah yang melaksanakan lima hari. Karena sekarang kembali ke masing sekolah yang mengatur pelaksanaan ujiannya,” tuturnya.

Lebih jauh dia mengurai, untuk jadwal pelaksanaan ujian tersebut, dilaksanakan sejak 6 hingga 18 April 2020. Sehingga pelaksanaan US dilakukan kembali ke masing masing satuan pendidikan sekolah, namun tidak melewati kurun waktu yang sudah ditentukan. Sehingga dinas tidak menekankan kepada setiap sekolah yang melaksanakan ujian. 

“Namun, kami selalu memantau setiap peserta siswa yang melaksanakan ujian di rumah,” kata Ince Pina. 

Menyangkut kendala, Ince Pina mengaku bahwa tiada halangan. “Selama ini tidak ada kendala yang terjadi, pelaksanaannya semua berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan,”  katanya.

banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) DISTRO? atau TOPI HIP HOP? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 30 September 2020.