Tangkal Covid-19, Pemdes Gangga ikut Bangun Posko

  • Whatsapp
Foto : Basrul

Penulis : Basrul | Editor : Andi Sadam

PARIMO, Beritasulteng.com- Pemerintah Desa Gangga, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah, sudah mendirikan posko pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

Bacaan Lainnya

Sebagaimana aturan main, anggaran Posko Covid-19 desa gangga bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2020. 

Hal itu disampaikan Kepala Desa Gangga, David Rahasia kepada beritasulteng.com di ruang kerjanya Rabu (15/4).

David bilang, tujuan pendirian posko relawan tersebut sebagai upaya pencegahan dini penyebaran Covid-19 di desanya, dengan melakukan beberapa kegiatan seperti pendataan bagi masyarakat-masyarakat yang sering keluar masuk di desa Gangga, Penyemprotan Disinfektan pada kendaraan sampai mengontrol penanganan warga yang sakit.

“kita menjaga dan melindungi masyarakat serta mencegah jangan sampai virus itu masuk ke desa ini” ujarnya.

Dia menjelaskan, pembentukan tim relawan berdasarkan surat edaran pemerintah nomor 8 tahun 2020 tentang desa tanggap Corona Virus (Covid-19) dan Penegasan padat karya tunai desa dan melibatkan Kepala Desa sebagai Ketua, BPD sebagai wakil ketua, Pemuda Desa Gangga, KPM, PKK,dan di damping pihak kecamatan, Bidan Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas.

“kami menggalokasikan Dana Desa sebesar 11 persen atau sekitar Rp89 juta untuk pencegahan Covid-19.” ungkapnya

Diterangkannya , pemanfaatan anggaran itu untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), Penyemprotan, mebangunan Posko beserta kebutuhan lainnya yang berkaitan dengan pencegahan Covid-19.

David menghimbau masyarakatnya agar menjaga diri dan keluarga dari virus corona dengan gerakan hidup masyarakat sehat (Germas), makan dengan gizi yang seimbang, rajin berolaraga, istirahat yang cukup, jaga kebersihan lingkungan, cuci tangan pakai sabun, gunakan masker, bila batuk tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam, dan jangan lupa berdoa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *