Sausu Piore, Parigi Moutong Kembali Direndam Banjir

  • Whatsapp
Kondisi air pada Jumat, 1 Mei 2020, di Desa Sausu Piore. (Foto diperoleh dari rekaman video amatir warga, nama akun: Ariansyah Dwiy Simangunsong, yang tertaut di grup facebook Info Kecamatan Sausu)

Penulis : Fikri Mushadiq | Editor: Andi Sadam

PARIMO, beritasulteng.com– Sejak hari Rabu, 29 April hingga Jumat 1 Mei, Desa Sausu Piore, Kecamatan Sausu, kembali direndam air bah. Banjir terjadi di wilayah Kabupaten Parigi Moutong, Sulteng, itu dipicu intensitas hujan yang tinggi selama sepekan terakhir.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Catatan diperoleh beritasulteng.com pada Jumat sore, air setinggi lutut orang dewasa itu merendam seratusan rumah. “Sekitar seratus rumah penduduk yang terendam. Itu gara-gara tanggul penahan di bibir sungai Sausu jebol. Robohnya tanggul lantaran tidak mampu menahan volume air,” ungkap Iwan Hamid, warga Sausu Piore saat dihubungi beritasulteng.com.

Menurut Iwan, kurun sepekan, telah dua kali banjir melanda pemukiman penduduk Sausu Piore. Dikhawatirkan, luapan air akan terus terjadi bila tanggul dinding pelindung sungai dari dua anak sungai tidak segera diperbaiki.

Dalam situasi saat ini, keresahan warga Piore makin bertambah, dimana diperhadapkan dengan dua bencana, yakni bencana alam banjir dan bencanan non alam (pandemi Covid-19). Sebab dalam ketentuan, warga dilarang berkumpul. Sementara, dalam kondisi banjir, itu memicu kerumunan. “Kami harap ada solusi dari pemerintah, memikirkan dua bencana yang diperhadapkan dengan warga Sausu Piore,” ucap Iwan.

Hingga berita ini diturunkan, kondisi air sudah mulai surut. Penduduk masih menempati rumah mereka masing-masing, walau hujan dengan curah rendah masih terus mengguyur.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parigi Moutong dikabarkan belum meninjau atau membantu warga korban.

Sekadar diketahui, wilayah ini merupakan area langganan banjir. Pada tahun 2017, bulan November, Desa Sausu Piore diterjang banjir yang mengakibatkan 270 lebih rumah terendam, kantor desa, sekolah dasar dan rumah ibadah. Bahkan banjir saat itu berhasil merendam ratusan haktar sawah hingga tambak udang dan ikan.

banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) Distro? atau TOPI CASUAL? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 10 November 2020.