88 KK di Silabia Terima Uang Dampak Corona

  • Whatsapp
Foto bersama, warga penerima BLT DD Silabia, Kecamatan Tinombo. (F. Fadel/Berita Sulteng)

Penulis: Fadel | Editor: Andi Sadam

PARIMO, beritasulteng.com 88 Kepala Keluarga di Desa Silabia, Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong, mendapat pembagian uang tunai dari pemerintah desa. Doi senilai Rp600 ribu yang diterima masing-masing KK, merupakan ‘faedah’ dari dampak serangan corona virus.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Seperti diketahui, dampak dari membabi-butanya Covid-19 di tanah air, tidak hanya mengobok-obok bidang kesehatan, seluruh sektor pun nyaris lumpuh dibuatnya. Paling parah di bidang ekonomi. Sebagai upaya antisipatif pemerintah agar perekonomian mampu bertahan, alias tidak makin terpuruk, dilahirkan kebijakan yang dilekatkan melalui Kemendes PDTT. Salah satu poin termuat dalam petunjuk kementerian tersebut, kini terealisasi. Santunan yang dikemas berbentuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT), diambil dari APBN yang dilekatkan ke Dana Desa (DD).

Pada penyaluran BLT DD di Desa Silabia, tercatat sebagai penyaluran BLT DD perdana bagi seluruh desa di Kecamatan Tinombo. Peluncuran tahap pertama ini dilakukan pada Rabu, 6 Mei 2020.

Kepala Desa Silabia, Dessy Afrianti, 88 KK penerima ‘sedekah’, adalah hasil validasi data dan musyawarah desa (Musdes). “Untuk penerima, kami (Pemdes, red) juga memasukkan warga yang mempunyai penyakit kronis, serta penyandang disabilitas,” kata Dessy.

Menurutnya, sesuai petunjuk kementerian, warga yang sudah tercover dalam bantuan lain seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan BLT Kementerian Sosial, tidak dimasukkan sebagai penerima BLT DD.

Jumlah KK di Silabia lebih 200. Dari jumlah tersebut, tercatat 100 KK lebih sebagai penerima bantuan lain, seperti PKH. Dijelaskannya, angka 88 KK sebagai penerima, sudah berdasarkan ketentuan 30 persen dari total DD.

Salah seorang warga yang ditemui usai penyaluran BLT DD, merasa terbantu. Katanya uang itu akan dipakai untuk keperluan sehari hari.

“Terima kasih kepada pemerintah, yang sudah membantu kami di situasi virus corona ini,” ucapnya.

banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) Distro? atau TOPI CASUAL? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 10 November 2020.