Covid-19 Bisa Bikin Beban Guru PAUD Pindah ke Orang Tua

  • Whatsapp
Ilustrasi anak pakai masker. sumber: shutterstock.com

Penulis: Moh Aksa | Editor: Andi Sadam

PARIGI, beritasulteng– Masa pandemi Covid 19 di Kabupaten Parigi Moutong, peran guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sementara waktu terbebankan kepada orang tua. Ini dikatakan Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parigi Moutong, Nurlina Sani dalam talk shownya dengan salah satu radio di Parigi Moutong, Kamis, 7 Mei 2020.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

“Masa pendemi Covid 19 memiliki hikmah, karena saat ini orang tua menyadari betapa penting guru dalam kehidupan. Bagaimana saat ini peran tanggung jawab guru sementara waktu dibebankan kepada orang tua,” kata Nurlina.

Menurut dia mendidik anak PAUD, konsepnya orang tua harus menjadi anak anak. Serta layanan pendidikan harus terjadi implementasi di rumah peserta didik. Tentunya dengan pendampingan orang tua. Sebab, hari ini orang tua menjadi guru di rumah bagi setiap peserta didik.

Sedangkan tugas seorang guru PAUD katanya, saat ini tetap memberikan pembelajaran di masa pandemi covid 19 dari rumah, melalui jaringan Media Sosial seperti aplikasi WhatsApp, Email, serta Video. Bahkan juga ada siaran salah satu televisi milik negara yang memberikan pembelajaran mulai dari peserta PAUD hingga SMA.

“Pembinaan mandiri juga dianjarkan kepada peserta didik untuk mengetahui tentang pendemi. Hari ini juga seluruh guru memberikn pendampingan kepada orang tua,” terangnya.

Nurlina menbahkan, pihaknya mengucurkan anggaran Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) PAUD sekitar Rp 6 milyar, dalam penggunaannya disesuaikan dengan situasi kedaruratan virus Covid 19. Katanya, hampir seluruh satuan PAUD yang ada di Parigi Moutong membagikan masker kepada peserta didik yang langsung diantarkan kerumah masing masing.

“Penggunaan BOP diserahkan sepenuhnya kepada kepala sekolah satuan PAUD, sesuai dengan situasi sekolah. Biasanya ada PAUD yang tidak menggunakan pembelajaran dalam media media sosial,” pungkasnya.

Pos terkait

banner 728x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *