Dua Kecamatan di Parimo Terkonfirmasi Segera Tuntaskan BLT DD

  • Whatsapp
ist/ils

Penulis: Fadel | Editor: Andi Sadam

PARIMO, beritasulteng.comSejak bulan Maret lalu, ketika wabah Covid-19 mulai mengganggu stabilitas ekonomi di tanah air, pemerintah dipaksa agar gigih berfikir. Kalau tidak, ancaman ‘kehancuran’ perkonomian susah teratasi. Tidak terlalu lama, buah dari olah otak pemerintah, sejumlah kebijakan tercipta. Salah satu kebijakan dari kabinet kerja Presiden Joko Widodo yang ‘kesaktiannya’ dirasakan hingga pelosok desa, berasal dari Kemendes PDTT. Edaran nomor 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa terbitan menteri desa, sekarang jadi rujukan konsentrasi seluruh perangkat desa.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, hampir setiap hari media massa menerbitkan tentang pendataan, pengusulan bahkan ada yang sudah menyalurkan. Tidak tanggung-tanggung, bantuan berupa uang tunai dari kas Negara buat rakyat, itu akan diterima tiga bulan berturut-turut. Besarannya Rp600 ribu per bulan untuk masing-masing Kepala Keluarga penerima.

Dalam catatan ini, terkonfirmasi dau dari 23 kecamatan di Parigi Moutong yang sedang fokus dengan administrasi tentang program yang dikemas dalam istilah Bantuan Langsung Tunai (BLT). Santunan teruntuk masyarakat tertentu ini ‘dipetik’ dari Dana Desa (DD).

Seperti di Kecamatan Tinombo, baru-baru ini sudah ada dua desa yang sudah menyalurkan BLT DD ke warga. Adalah Desa Silabia dan Desa Tinombo. Dari 15 desa se kecamatan tersebut, 13 desa lainnya, ada yang sementara validasi data melalui Musyawarah desa (Musdes).

“Di Kecamatan Tinombo, desa yang sudah finalisasi data penerima yakni Desa Dusunan, Ambason Mekar, Dusunan Barat dan Desa Lombok Barat. Selebihnya masih validasi data tingkat Musdesus,” kata Zubaedah, Kasi PMD Kecamatan Tonombo, Sabtu, 9 Mei 2020.

Di Kecamatan Palasa, camatnya menyebut bahwa di wilayahnya terdapat 7 desa telah menyalurkan BLT DD. “Desa Palasa Lambori, Bambasiang, Palasa, Palasa Tangki, Bobalo, Dongkalan dan Desa Ogoansam, sudah merealisasikan penyaluran,” bebernya. Kemungkinan, sambung Baharudin, dalam waktu dekat sejumlah desa juga segera membagikan uang tunai tersebut. “Satu dua hari kedepan sejumlah desa menyusul menyalurkan, karena semua desa sudah melakukan finalisasi data di tingkat Musdes,” ungkapnya pada Sabtu itu.

banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) Distro? atau TOPI CASUAL? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 10 November 2020.

1 Komentar