Sembilan Rumah Guru Dibangun dan 29 Unit Direhab

ilustrasi. sumber: liputan6

Sumber: disdikbud.com | Editor: Faozan Ya’kub

PARIMO, beritasulteng.com– Sembilan unit rumah dinas guru akan dibangun dan 29 unit yang akan direhab tahun ini di Kabupaten Parigi Moutong, Sulteng. Biaya seluruh pekerjaan itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi. 

Bacaan Lainnya

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang SD Ince Pina, dilansir dari disdikbud.com, selasa (28/4/2020). 

“DAK untuk pendidikan khususnya Bidang SD semua sesuai rencana anggaran desember 2019 kemarin, tidak dibatalkan seperti yang terjadi di OPD lain. Kita tetap dapat DAK Afirmasi dan DAK regular,” ujar Ince Pina.

Kata dia, DAK afirmasi digunakan untuk dua kegiatan yaitu pembangunan rumah dinas guru sebanyak Sembilan unit dan rehab rumah dinas guru sebanyak 29 unit.

“Ada yang satu sekolah dapat dua unit, untuk DAK Afirmasi total pagu sekitar Rp 3 milyar lebih,” jelasnya.  

Sedangkan kata dia, untuk DAK regular digunakan untuk rehab ruang kelas di 21 sekolah, 68 ruang, rehab jamban di 76 sekolah sebanyak 90 unit, rehab perpustakaan di 15 sekolah dan rehab ruang guru di 18 sekolah.

Juga kata dia, ada pembangunan ruang kelas baru untuk 7 sekolah sebanyak 12 ruang, pembangunan jamban di 8 sekolah, ruang guru di 9 sekolah, ruang UKS di 20 sekolah, pembangunan ruang perpustakaan untuk  17 sekolah. 

Saat ini, lanjut dia, beberapa sudah sampai pada tahap perencanaan, penandatanganan mou hingga tahap sosialisasi. Ince menambahkan, bukan hanya dari DAK ada juga beberapa kegiatan yang dibiayai ABPD seperti timbunan dan pengadaan mobiler sebanyak 360 pasang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *