Pasca Perubahan Permenkeu, BLT Desa Mbelang-Mbelang Disalurkan

Ilustrasi. Foto: Google Images

Penulis: Sofyan Oktafianto | Editor: Andi Sadam

PARIMO, Berita Sulteng– Bantuan Langsung Tunai (BLT)  Desa Mbelang-mbelang akhirnya disalurkan setelah menunggu perubahan keputusan Peraturan Menteri Keuangan terhadap percepatan penyaluran BLT sumber Dana Desa (DD).

Bacaan Lainnya

Sesuai Permenkeu nomor 205/PMK.07/2019 tentang pengelolaan DD sebagaimana telah diubah dengan Permenkeu nomor 40/PMK.07/2020 tentang perubahan atas Permenkeu sebelumnya, menetapkan percepatan penyaluran DD dalam mendukung pelaksanaan BLT di desa. Syaratan dan peraturan penyaluran DD yang diatur dalam Permenkeu juga dilakukan perubahan yaitu pada penyaluran tahap II tanpa dokumen persyaratan. 

Dikonfirmasi melalui telepon genggamnya, Kamis, 28 Mei, Sekdes Mbelang-mbelang, Sidrat, mengatakan bahwa penyaluran BLT DD di Mbelang-mbelang baru bisa disalurkan. Katanya, ada beberapa desa di Kecamatan Moutong, Kabupaten Parigi Moutong yang mengalamai keterlambatan penyaluran BLT, termasuk Desa Mbelang-mbelang.

“Ada 93 Kepala Keluarga penerima BLT, total anggaran 55 juta 800 ribu rupiah. Untuk tahap 1 bulan April 2020 dan 18 KK penerima Bansos,” kata Sidrat. 

Penyaluran itu, katanya, dihadiri pemerintah desa, BPD Mbelang-mbelang, Babinkamtibmas, serta Pendamping Desa dan Lokal Desa yang sebagi mitra kerja.

Seharusnya penyaluran BLT ini dilakukan sebelum tanggal 24 Mei 2020. Tapi menurut Sidrat, karena ada kendala sehingga penyaluran di tahap ini tertunda. Untuk penyaluran berikut, kata Sidrat lagi, jatah bulan Mei akan dilaksanakan pada bulan Juni nanti.

“Kalau ada perubahan-perubahan kedepannya, kami Pemdes Mbelang-mbelang akan memusyawarakan kembali terkait apa nantinya yang akan dilakukan. Harapan Pemdes Mbelang-mbelang adanya BLT ini,  semoga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat penerima,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *