Disdikbud Parigi Moutong ada Maunya

F. Dok. Bidang PAUD dan Dikmas Disdikbud Parigi Moutong

Penulis: Moh Aksa | Editor: Andi Sadam

PARIMO, Berita Sulteng– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong sudah menyiapkan konsep khusus tentang TK Pembina. Rencana dinas yang kini dinahkodai Adrudin Nur, ingin 23 kecamatan di daerah itu terfasilitasi TK Pembina.

Bacaan Lainnya

Keinginan punya TK Pembina di masing-masing kecamatan di Kabupaten Parimo, ini diucapkan Kepala Bidang PAUD dan Dikmas  Disdikbud Parimo, Nurlina Sani.

Kepada wartawan Nurlina menjelaskan kalau program itu sedang berjalan. “Sekarang ini sudah lima kecamatan yang mengirim dokumen usulan tentang TK Pembina. Sebenarnya, maunya satu kecamatan satu TK Pembina,” kata Nurlina melalui jaringan telepon pada Ahad, 7 Juni 2020.

Lima kecamatan itu adalah Ongka Malino, Mepanga, Toribulu, Ampibabo dan Torue. Kecamatan yang telah mengajukan dokumen, menurut Nurlina, nanti ditinjau kembali kesiapannya untuk jadi TK Pembina.

Dalam realisasi program tersebut, minggu lalu pihak Disdikbud melakukan kunjungan di sejumlah TK. Tujuan kedatangnya, menurut Nurlina, sebagai survei apakah TK-TK yang didatangi itu layak atau tidak untuk dijadikan TK Pembina.

“Hasil survei, ada dua TK yang masuk calon TK Pembina. Terdapat di Kecamatan Torue. Salah satu dari dua TK itu akan terpilih sebagai TK Pembina,” kata Nurlina.

Menyinggung soal pemilihan, Nurlina bilang perlu menunggu keputusan Bupati Parimo.

Tentang TK Pembina, merupakan TK Negeri yang tanggung jawab penyelenggaraannya oleh pemerinta daerah. Sehingga kesiapan dari tenaga pendidik serta sarana sekolah diperoleh dari pemerintah setempat.

“Beda dengan swasta. Yayasan yang mendirikan sekolah harus bertanggung jawab atas penyelenggaraan. Sedangkan TK Pembina seluruh kewenangannya ada di Pemda,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *