Viral, Kabar Orang Kena Corona di Parigi

  • Whatsapp
sumber foto: parigimoutongkab.go.id

Penulis: Andi Sadam

PARIMO, Berita Sulteng– Hari Minggu siang tadi, 7 Juni 2020, banyak masyarakat di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, mendadak resah. Kegelisahan warga dipicu adanya kabar kalau di Kabupaten Parimo terkonfirmasi satu orang positif terinfeksi virus corona.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Keyakinan akan kebenaran kabar orang kena corona virus itu kemudian dikuatkan lagi dengan pemberitaan salah satu media dari Parigi, ibukota Kabupaten Parimo—pemberitaan berjudul “Parimo Jebol, Gugus Tugas Parimo Benarkan 1 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19”.

Tidak lama setelah berita itu beredar, pemerintah kabupaten kembali merilis informasi kalau Parimo masih nol Covid-19. Klarifikasi tersebut disiarkan Pemkab Parimo melalui situs parigimoutongkab.go.id.

Di website resmi Pemkab terpublis berita berjudul, “Irwan: Hingga Saat ini, Parigi Moutong Masih Nol Covid-19”, penulisnya Rudi Martisandi.

Irwan, yang jadi narasumber di portal Pemkab Parimo itu diketahui sebagai juru bicara tim Gugus Tugas Kabupaten Parimo.

Klarifikasi tim Gugas lewat website Pemkab Parimo ini tidak lantas menenaggkan masyarakat. Sebab, Irwan yang menyampaikan klarifikasi via website Pemkab, juga berstatus sebagai narasumber di pemberitaan salah satu media online dari Parimo itu.

Terbitan media online Berita Plano

Juru bicara (Jubir) Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Irwan SKM M.Kes membenarkan satu orang asal Parimo terkonfirmasi positif Covid-19.

“Berdasarkan data yang saya terima benar ada satu orang asal Kecamatan Tinombo Selatan, Desa Tada Timur, terkonfirmasi positif Covid-19. Hasil positif tersebut berdasarkan dari hasil pemerikasaan SWAB,” ujar Irwan yang dikonfirmasi media ini, Minggu (7/6/2020).

Lanjut Irwan, untuk data secara keseluruhan, pihaknya masih sementara berkomunikasi dengan ketua Gugus Tugas Parimo yakni Bupati Samsurizal Tombolotutu.

“Saya sekarang berada di pantai mosing. Release data lengkapnya akan kami sampaikan setelah hasil koordinasi kami dengan pimpinan,” ungkap Irwan dari telpon genggamnya.Link: https://beritaplano.com/parimo-jebol-gugus-tugas-parimo-benarkan-1-orang-terkonfirmasi-positif-covid-19/

Rilis Klarifikasi Terbitan Website Pemkab Parimo

Juru Bicara Gugus Tugas Covid – 19 Kabupaten Parigi Moutong, Irwan SKM M.Kes, menyatakan bahwa hingga pukul 16.00 WITA, Parigi Moutong masih nol positif terpapar Corona Virus Disease (Covid) – 19.

“Hingga saat ini data update harian kami masih nol. Jika telah ada yang beredar lain di medsos, itu bukan resmi dari kami, dan akan segera kami klarifikasi “ungkap Irwan, saat mendampingi Kadis Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong, dr Revi Tilaar, ketika diwawancara oleh Media ini, di Desa Sinei, Kecamatan Tinombo Selatan, Minggu (7/6/2020).

Terkait adanya salah seorang warga yang ber KTP Desa Tada Selatan, Kecamatan Tinombo Selatan, yang saat ini diisolasi di Kota Palu, karena hasil swab testnya dinyatakan positif, Irwan membenarkan hal itu.

“Memang benar, ada salah satu pria ber KTP Desa Tada Selatan yang dinyatakan positif, namun yang bersangkutan sudah hampir dua tahun berdomisili di Jakarta. Dari data yang kami himpun, pria itu bekerja di Bawaslu Republik Indonesia,” jelas Irwan, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Bappelitbanda Parigi Moutong itu.

Menurut Irwan, yang bersangkutan sempat mudik untuk lebaran sama orang tuanya di Desa Tada Selatan, dan tinggal di sana selama tiga pekan. Sebelumnya, dia telah menjalani masa karantina di Kota Palu selama dua minggu, sebelum masuk ke Parigi Moutong.

“Ketika hendak balik bekerja ke Jakarta, yang bersangkutan sempat melakukan swab test Dinas Kesehatan Provinsi di Kota Palu, dan hasilnya positif, ” ujar Irwan.

Lebih lanjut kata Irwan, kasus ini serupa dengan kasus salah satu warga ber KTP Desa Toboli, Kecamatan Parigi Utara, yang berdomisili di Kabupaten Sigi, yang beberapa waktu lalu dinyatakan positif.

Irwan berharap agar warga Parigi Moutong, tidak panik dan tetap tenang. Saat ini kata dia, Gugus Tugas Covid – 19 Kabupaten Parigi Moutong, telah mengambil langkah – langkah yang diperlukan.

Dinkes Akan Swab Test Keluarga

Kadis Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong, dr Revi Tilaar, menyatakan akan segera melakukan isolasi dan swab test terhadap sejumlah pihak yang sempat berinteraksi dengan salah satu pegawai Bawaslu RI ber KTP Desa Tada Selatan yang dinyatakan positif corona.

” Mulai besok (Senin 8/62/2020 -red), petugas kami akan segera melakukan tracking terhadap riwayat dan aktifitas interaksi yang bersangkutan” jelas Revi.

Menurut Revi, hasil dari swab test nanti, akan segera diumumkan, untuk mengambil tindakan selanjutnya.
Link: http://www.parigimoutongkab.go.id/11-berita/1619-irwan-hingga-saat-ini-parigi-moutong-masih-nol-covid-19.html

Hadirnya dua informasi data bertolak belakang itu kemudian menambah keresahan masyarakat. Tidak hanya penilaian hoax, bahkan ada pihak yang kemudian berargumen kalau hal itu diduga merupakan upaya manipulasi informasi oleh pemerintah dalam kepentingan tertentu. Pendapat demikian tersiar di akun-akun media sosial sejumlah warga Parimo.*

banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) Distro? atau TOPI CASUAL? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 10 November 2020.

5 Komentar

  1. Untuk mengurangi keresahan masyarakat parimo, kami menunggu berita selanjutnya terkait warga tada yg katanya positif covid-19

    1. Terima kasih telah menjadi bagian dari pembaca serta memberi kepercayaan kepada Berita Sulteng.
      Upaya kami selalu ingin menyajikan yang terbaik untuk publik, secara khusus pembaca.

      Salam Inspirasi