Gugas Covid Tambah Rajin, Pasukan ‘Astronot’ Rapid Test Petugas Puskesmas

  • Whatsapp
ilustrasi (F. Ist)

Penulis: Iwan | Editor: Andi Sadam

PARIMO, Berita Sulteng– Hasil swab test di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah yang menyatakan salah seorang warga ber KTP Kabupaten Parigi Moutong positif Covid-19, picu reaksi banyak pihak. Tindakan berbondong-bondong demi mengetahui kondisi kesehatan diri, maksimal sekali dilakukan di Kecamatan Tinombo Selatan.

Bacaan Lainnya

Sekadar diketahui, seorang warga yang sempat hampir sebulan di Kabupaten Parimo,

Pekan kemarin dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 oleh pihak kesehatan di Kota Palu. Pria berumur 29 tahun itu diketahui terinfeksi corona virus ketika hendak balik ke Jakarta—kedatangannya di Parimo untuk merayakan idul fitri bersama orangtuanya di Desa Tada Selatan.

Baca: Viral, Kabar Orang Kena Corona di Parigi

Pasca tersiarnya informasi tentang pria ber KTP Tada Selatan, tim Gugus Tugas di Parimo tambah rajin. Tim penanggulangan Covid-19 memaksimalkan pelacakan orang-orang yang terkonfirmasi pernah berinteraksi dengan korban infeksi Covid-19 inisial J.

Disampaikan Irwan, Jubir Gugas Covid-19 Parimo, selain terus mencari info riwayat berinteraksinya J, tim berpenampilan astronot juga menggelar rapid test terhadap seluruh petugas kesehatan yang bekerja di Puskesmas Tada. Keluarga petugas kesehatan terkait turut masuk dalam target pemeriksaan oleh pasukan pencari korban virus corona.

“Ini dilakukan demi menghindari penyebaran selanjutnya,” kata Jubir yang bergelar sarjana kesehatan.

Selain di wilayah Tinombo Selatan, Gugas Covid-19 Kabupaten Parimo juga mendeteksi beberapa tempat kunjungan korban Covid tersebut. Salah satu petunjuknya berdasarkan foto bahwa J pernah mengunjungi salah satu cafe di Kota Parigi. Dalam potret beredar, J berkumpul dengan beberapa orang di cafe.

Supaya pergerakan tim Gugas Covid-19 di Parimo bisa efektif, Irwan meminta kerjasama semua pihak dan mendukung. Katanya, apa yang dilakukan Gugas sekarang ini adalah upaya memutus penyebaran corona virus di Kabupaten Parimo. 

“Kami minta, kalau ada yang tau atau melihat, serta mendapat informasi tentang siapa saja yang pernah kontak dengan J, mohon untuk mengabari kami,” pinta Irwan.

Dilansir Berita Sulteng lewat artikel berjudul “Domisili Korban Covid Dekat Mosing, Lokasi Rutinitas Bupati Saat ini”, menulis tentang J, hingga ia terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca juga: Klarifikasi Berbelit, Warga: Bukan Soal Data, Tapi Tentang Orang yang Kena Corona.

Informasi tambahan tentang J dari Kadinskes Parimo, Revy Tilaar bahwa J sudah sempat bergegas balik ke Jakarta saat bulan puasa. Tapi rencananya urung karena PSBB.

“Waktu dia mau pulang ke Jakarta, tapi Jakarta sudah PSBB. Akhirnya batal, dan ditunda sampai setelah lebaran,” kata Revy. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *