Disdikbud Tinjau PAUD di Wilayah Lokus Stunting

  • Whatsapp
Ilustrasi PAUD. (F. Suarawajarfm.com)

Penulis: Moh Aksa

PARIMO, Berita Sulteng– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parigi Moutong, melalui Bidang PAUD dan Dikmas, tinjau kondisi PAUD yang berada di wilayah lokus Stunting.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Kabid PAUD dan Dikmas Nurlina Sani mengatakan, peninjauan yang dilakukan pihaknya, untuk memastikan kondisi PAUD di wilayah wilayah yang menjadi lokus stunting di Kabupaten Parigi Moutong, dalam rangka pelayanan pendidikan.

“Lokus stunting tahun 2020 ada 47 desa, sehingga kami harus memastikan bagaimana kondisi PAUD melakukan pelayanan dalam rangka pencegahan stunting,” kata Nurlina kepada media ini, Kamis, 11 Juni 2020.

Menyinggung kesiapan pelayanan satuan PAUD yang belum siap dalam pencegahan stunting, katanya dari situlah dibutuhkan peran berasama pihak terkait untuk membenahi satuan PAUD.

“Contohnya, di lokasi stunting desa Moutong Barat, setelah disurvei, PAUD tidak punya sumber air bersih. Sehingga diinformasikan kepada pihak PAUD terkait bahwa prioritas pertama adalah pengadaan air bersih, misalnya,” jelas Nurlina.

Sekedar diketahui, Kabupaten Parimo dinyatakan tertinggi angka Stunting di Sulteng. Namun bertolak belakang dengan angka pertumbuhan. Berdasarkan persentase, kabupaten setempat urutan ke empat di Sulteng yang mencapai 34,4 sejak tahun 2019. 

Parimo sejak tahun 2019 silam, ditunjuk oleh Bappenas sebagi kabupaten yang harus menangani tumbuh kembang presentase stunting selain Kabupaten Banggai.

Parimo sejak 2019, ditetapkan oleh Bappenas sekitar 10 desa yang difokuskan penanganan stunting. Sedangkan tahun 2020 penetapan fokus stunting diserahkan kepada kabupaten, yang akan menangani stunting di 47 desa.*

Pos terkait

banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) Distro? atau TOPI CASUAL? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 10 November 2020.