Durasi 5 hari BLT DD Bambalemo Tahap II Disalurkan

  • Whatsapp
Penyaluran BLT DD Desa Bambalemo, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong. (F. Istimewah)

Penulis: Basrul

PARIMO, Berita Sulteng– Upaya pemerintah dalam menopang prekonomian masyarakat terdampak pandemi Covid-19 terus berjalan. Salah satu yang nampak ialah penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Bacaan Lainnya

Kamis, 11 Juni 2020, Pemerintah Desa Bambalemo, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah menyalurkan BLT tahap II kepada 100 KK sebagai penerima manfaat. Bantuan yang dikucurkan bersumber dari pengelolaan Dana Desa (DD) tahun 2020, dengan kategori yang sudah diatur dalam aturan penyaluran bantuan.

Sasarannya masyarakat miskin yang sama sekali belum pernah menerimah bantuan, baik bantuan pemerintah pusat maupun dari pemerintah daerah.

“Mekanismenya sesuai surat edaran kementrian desa,” ujar Irvan Adnan, Kades Bambalemo pada saat di temui media ini.

Mengacu pada surat edaran Kemendes, Irvan sebagai penentu kebijakan di desa tersebut menerangkan bahwa pihaknya mengucurkan DD sekitar 60 juta rupiah untuk 100 kk penerima. Penyaluran pertama dan kedua itu terhitung bulan April dan Mei dengan besaran anggaran 600 ribu rupiah per tahap per KK penerima.

“Penyaluran dari tahap pertama ke tahap kedua hanya berselang lima hari. Dan untuk bulan Juni akan diadakan rapat lagi,” ujar Irvan.

Kemudian Irvan bilang, penyaluran BLT tersebut dilakukan dengan dua cara pembagian, yakni di kantor desa dengan tetap mematuhi protokol Covid-19. Dan cara kedua mendatangi rumah warga penerima yang berhalangan datang.

Adanya BLT DD, harapan Pemdes bambalemo, semoga dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

Menyinggung masyarakat lain yang belum mendapat bantuan, kata Irvan, akan diajukan melalui bantuan sosial dari provinsi

“Untuk penerima BLT DD ada 100 KK, dan 105 KK untuk penerima Bantua Sosial Tunai (BST). Insya Allah yang belum menerima akan kita ajukan ke bantaun sosial provinsi supaya merata dan tidak ada yang menerima ganda dengan bantuan serupa,” ucapnya.

Pantauan media ini penyaluran BLT DD tersebut dihadiri Camat Parigi, aparat desa dan BPD setempat, Babinsa, Bhabinkabtibmas serta pendamping desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *