Target Bappelitbangda Turunkan Stunting Hingga 21 persen

  • Whatsapp
ilustrasi gizi buruk. (mediaindonesia.com)

Penulis: Basrul

PARIMO, Berita Sulteng– Parigi Moutong dikabarkan sebagai salah satu kabupaten yang tidak akan dipotong anggaran program stuntingnya. Informasi ‘lari mulusnya’ dana stunting untuk kabupaten tersebut disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Zulfinasran.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

“Berdasarkan instruksi dari pusat, program stunting tetap harus dilaksanakan,” ujar Zulfinasran belum lama ini.

Dibalik instruksi tersebut. Zulfinasran bilang, sumber anggaran stunting berasal dari APBD yang saat ini mengalami pengurangan. Sehingga dalam pertemuan skala Nasional dirinya menyampaikan harus melihat terlebih dahulu laporan pemutahiran keuangan daerah dalam penanganan Covid-19.

“Untuk anggaran penanganan stunting kami menunggu pemutakhiran keuangan daerah, semoga saja tidak ada pemotongan,” ungkap mantan Kadis pekerjaan umum kabupaten setempat.

Zulfinasran mengungkap kalau Parimo sudah mempertahankan predikat penurunan stunting diangka 10 persen di tahun sebelumnya. “Tahun ini, kami menargetkan penurunan stunting diangka 21 persen,” harapnya.

Sesungguhnya dalam pelaksanaan program tersebut melekat dibeberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dalam pelaksanaan, Bappelitbangda hanya sebatas mengkoordinir.

“Seluruh pihak di Kabupaten Parimo telah bersepakat untuk tetap melakukan penanganan stunting dengan selalu memperhatikan protokol Covid-19. Pelaksanaannya dilakukan secara daring,” sebutnya.

Untuk penanganan stunting di tahun 2020 kata Zulfinasran, Kabupaten Parimo telah menyelesaikan dua aksi dari delapan aksi penanganan yang ada. Ketika daerah hendak melaksanakan aksi ketiga, pandemi Covid-19 menjadi rintangan penanganan di daerah itu.

Lanjut dia, padahal diaksi ketiga penanganan sudah mempersiapkan deklarasi total. Kemudian disambung aksi ke empat yakni penyampaian kepada pemerintah desa tentang perannya dalam melakukan penanganan. “Untuk sementara waktu kami melakukan monitoring di tengah perubahan status Covid-19,” tutupnya.

Pos terkait

banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) Distro? atau TOPI CASUAL? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 10 November 2020.