Survei di Wilayah Lokus Stunting: Banyak PAUD di Parimo Belum Penuhi Kelayakan

Penulis: Moh Aksa | Editor: Andi Sadam

PARIMO, Berita Sulteng– Tahun ini, puluhan PAUD di wilayah lokus stunting Kabupaten Parigi Moutong, Sulteng, jadi perhatian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat. Data tentang fokus dinas tersebut diperoleh Berita Sulteng dari Bidang PAUD dan Dikmas Disdikbud.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

“Fasilitas PAUD di wilayah lokus stunting yang jadi perhatian Disdikbud di tahun 2020 ini sebanyak 64 titik,” kata Kabid PAUD dan Dikmas Disdikbud Parimo, Nurlina Sani pada Senin, 15 Juni 2020.

Dia bilang, demi memastikan kondisi pelayanan pendidikan, 64 PAUD itu sudah ditinjau. Sebagian banyak terletak di Kecamatan Maoutong.

Nurlina merinci, dari 47 desa yang jadi lokus stunting di Kabupaten Parimo, terdapat 24 PAUD di Kecamatan Moutong yang sudah tertinjau. Tapi, dari hasil check on the spot, hampir dipastikan seluruhnya belum memenuhi. Tidak sedikit fasilitas PAUD ditemukan belum dilengkapi air bersih.

Selain tiada dukungan ketersediaan air bersih, lembaga pendidikan pembinaan anak usia dini juga masih banyak belum ditunjang sarana dan prasarana bermain yang belum memenuhi ketentuan.

Atas kondisi tersebut, Nurlina berharap dukungan pihak-pihak desa lokus stunting untuk bersinergi dengan Disdikbud Parimo, demi pemenuhan pelayanan pendidikan.

Dalam realisasi program tersebut, Disdikbud sudah merencanakan survei selanjutnya terhadap PAUD lain. “Dalam waktu dekat kami akan melakukan peninjauan kondisi PAUD di kecamatan lainnya,” pungkasnya.*

banner 970x90
banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) Distro? atau TOPI CASUAL? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 10 November 2020.