Selera Baru Dinas PUPRP: Duet Sama BUMDes

  • Whatsapp
Moh Rifai, Sekdis PUPRP Kabupaten Parimo. (Ft. Basrul/Berita Sulteng)

Penulis: Basrul | Editor: Andi Sadam

PARIMO, Berita Sulteng– Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, sementara siap-siap menerapkan konsep ingin duet dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Strategi anyar dinas tersebut dilekatkan di Bidang Cipta Karya.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

‘Selera’ baru Dinas PUPRP Parimo itu terungkap melalui Sekretaris Dinas, Moh Rifai sewaktu ditemui sejumlah pewarta, baru-baru ini di kantornya. Program terkini Dinas PUPRP ini tentang pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

“Rencananya dalam waktu dekat, melalui Bidang Cipta Karya, dinas akan bekerjasama dengan BUMDes terkait penanganan iuran SPAM,” ungkap Rifai.

Katanya, dari beberapa desa yang terdapat saluran SPAM, Desa Lobu akan jadi desa perdana membangun kerjasama tersebut. Terpilihnya desa Lobu karena BUMDes desa itu yang pertama mengusulkan penawaran terkait pengelolaan SPAM. “Sistimnya, BUMDes yang mengelola, dan BUMDes juga nanti menyetor tagihan iuran air ke Dinas PUPRP,” ujarnya.

Menurutnya, opsi melibatkan BUMDes tentang pengelolaan SPAM dianggap meringankan masyarakat pelanggan tentang proses pembayaran. Karena selama ini kata Rifai, kalau bukan pihak dinas yang mendatangi pelanggan, pelanggan yang datang ke dinas untuk membayar iuran. “Dengan program menggandeng BUMDes, terealisasilah sistim pendekatan pelayanan,” katanya.

Strategi mau duet dengan BUMDes itu juga kata Rifai, bagian dari orientasi memaksimalkan pendapatan daerah.

Tentang keuntungan bagi BUMDes, Rifai jelaskan, diambil dari pemberlakuan biaya administrasi. Sehingga tidak ada pemotongan setoran dari BUMDes ke dinas.

Kolaborasi yang dibangun Dinas PUPRP bareng BUMDes Lobu, akan jadi sample untuk bargening selanjutnya dengan desa-desa lain. Karena selain Desa Lobu, ada juga beberapa desa dari wilayah selatan Kabupaten Parimo yang sudah mengusulkan kerjasama.

Bulan realisasi program merangkul BUMDes oleh Dinas PUPRP secara umum terjadwal pada Agustus tahun ini. “Tapi untuk di waktu dekat ini akan ada penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding),” ungkapnya.*

Pos terkait

banner 728x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar